Tafsir

Alasan Orang Kafir Membenci Orang Mukmin

Foto: Unsplash
69views

Allah berfirman dalam Surah Al-Ma’idah (5) ayat 59:

قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ هَلْ تَنْقِمُوْنَ مِنَّآ اِلَّآ اَنْ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلُۙ وَاَنَّ اَكْثَرَكُمْ فٰسِقُوْنَ

“Katakanlah, ‘Wahai ahli kitab, apakah kamu memandang kami salah hanya karena kami beriman kepada Allah, kepada apa yang diturunkan kepada kami dan kepada apa yang diturunkan sebelumnya? Sungguh, kebanyakan dari kamu adalah orang-orang yang fasik”

Ayat yang masih tentang Ahli Kitab ini menjelaskan bahwa tidak ada yang membuat Ahli Kitab tidak suka, iri, dan dendam kepada kaum Muslimin, kecuali karena kaum Muslimin itu beriman kepada Allah, Al-Quran, dan kitab-kitab umat sebelum mereka.

Dari ayat di atas dipahami bahwa tidak semua Ahli Kitab adalah orang fasik. Di antara mereka ada yang beriman kepada Allah. Contohnya adalah Waraqah bin Naufal dan Abdullah bin Salam. Fasik yang dimaksud di sini adalah kafir.

BACA JUGA: Penegasan Allah tentang Golongan yang Dikatakan Telah Kafir

Ayat ini merupakan pertanyaan orang-orang yang beriman kepada Ahli Kitab. Mereka heran dengan kelakuan Ahli Kitab yang benci, dendam, dan selalu menyalahkan mereka. Padahal, orang-orang beriman membenarkan kitab-kitab mereka, di antaranya Taurat, Injil, di samping juga membenarkan Al-Quran.

Apakah hanya karena mentauhidkan Allah sekaligus membenarkan kitab-kitab umat terdahulu membuat Ahli Kitab lantas benci kepada orang-orang beriman?! Yang lebih parah dari itu, ternyata kebanyakan mereka adalah orang fasik. Mereka yang salah, tetapi justru mereka menyalahkan orang-orang beriman. Masih mending kalau mereka orang baik, menaati Allah, serta menjalankan Taurat dan Injil. Namun nyatanya, tidak demikian. Bahkan sampai sekarang pun mereka meninggalkan Taurat, Injil, dan Al-Quran.

Umat yang paling berpegang teguh dengan agamanya adalah umat Islam. Lain halnya dengan umat lain, seperti Yahudi dan Nasrani, yang telah meninggalkan agama mereka, kecuali sebagian kecil saja dari mereka. Mayoritas mereka adalah orang fasik.

Sikap mereka kepada orang-orang beriman ini seperti halnya kalangan yang dikisahkan dalam firman Allah, yakni dalam Surah Al-Buruj (85) ayat 8:

وَمَا نَقَمُوْا مِنْهُمْ اِلَّآ اَنْ يُّؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ الْعَزِيْزِ الْحَمِيْدِۙ

“Dan mereka menyiksa orang-orang Mukmin itu hanya karena (orang-orang Mukmin itu) beriman kepada Allah Yang Mahaperkasa lagi Maha Terpuji.”

Demikianlah peristiwa yang umumnya menimpa pemegang kebenaran dari zaman ke zaman, termasuk pada zaman sekarang ini. Kalau kita perhatikan, betapa banyak yang benci dengan orang Islam di negara-negara luar. Umumnya, orang Islam dibenci bukan karena akhlaknya. Di mana pun tempatnya, selama orang Islam menjalankan agamanya dengan baik, akhlaknya pun baik. Umumnya, mereka pun lebih berakhlak apabila dibandingkan pemeluk agama lain.

BACA JUGA: Penjelasan tentang Diterima atau Tidaknya Amalan yang Dilakukan Seseorang

Mereka juga bukan teroris sebagaimana yang kerap dituduhkan. Mereka bisa bertetangga dengan hidup berdampingan di dalam masyarakat secara baik, termasuk dengan orang-orang kafir, bahkan sekaligus menunaikan apa yang menjadi hak orang lain. Faktanya, di negara-negara kaum Muslim, meskipun mereka mayoritas, mereka tidak menindas pemeluk agama lain sebagai minoritas.

Adapun orang-orang kafir secara umum, dengan berbagai latar belakang agamanya, maka tidak suka bahkan cenderung memusuhi orang Islam, yang kemudian sampai menimbulkan aksi fisik. Yang demikian itu hanya karena orang Islam beriman kepada Allah dan mentauhidkan-Nya. Itulah alasan sebenarnya yang menyebabkan orang kafir benci kepada orang beriman.[]

 

SUMBER: TAFSIR AT TAYSIR SURAH AL-MA’IDAH, Penulis: Ust. Firanda Andirja, Penerbit: Ustadz Firanda Andirja Office

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response