Miracle Quran

Ayat Al Quran tentang Sungai di Bawah Laut

Foto: Unsplash
266views

Di antara sekian banyak keajaiban yang tercantum atau tertulis dalam Al Quran adalah fenomena adanya sungai di bawah laut. Adanya sungai di bawah laut sepertinya adalah sesuatu yang mustahil.

Sebagaimana telah diketahui, sungai pada umumnya adalah aliran air di permukaan besar dengan bentuk memanjang dan mengalir secara terus-menerus dari hulu ke hilir (muara). Aliran air tersebut mengikuti sifat air yakni mengalir dari permukaan yang tinggi menuju permukaan yang lebih rendah. Maka, pada dasarnya, sungai mengalir dari dataran yang lebih tinggi menuju ke danau atau lautan.

BACA JUGA: Quran Surat Al-Buruj (Gugusan Bintang) 22 ayat

Namun, terdapat fakta mencengangkan yaitu ada sungai yang terletak di dasar lautan. Fenomena tersebut ditemukan oleh seorang Oseanografi asal Prancis bernama Yves Costeau. Dia-lah sosok peneliti yang menemukan adanya sungai di bawah laut kawasan Cenote Angelita, Meksiko. Sungai ini ditemukan pada kedalaman 115 kaki atau setara dengan 35 meter dengan lebar sekitar setengah mil.

Sejumlah peneliti melakukan penelitian, bahwa sungai di dalam laut ini terbentuk akibat fenomena Halocline, yakni fenomena alam tentang adanya sebuah zona vertikal di dalam laut. Pada zona tersebut memiliki kedalaman yang memengaruhi kadar garam yang ada di dalam laut ittu sendiri.

Terkait dengan dari hasil penemuan dan penelitian tersebut, dalam Al Quran sejatinya sudah tercantum fenomena tersebut. Dalam Surah Al Furqon (25) ayat 53, Allah subhanahu wata’ala berfirman, “Dia-lah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar serta segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.”

Selain itu, dalam Surah Ar-Rahman (55) ayat 19-20, Allah subhanahu wata’ala berfirman, “Dia membiarkan dua laut (tawar dan asin) bertemu. Di antara keduanya ada pembatas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.

BACA JUGA: Dosa Kecil

Maka, betapa luar biasa isi Al Quran sehingga fenomena yang nyaris mustahil pun sudah secara detail digambarkan hingga kemudian berhasil dibuktikan. Wallahu a’lam [farm]

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response