Historia/Tarikh

Al-Quran: Kitab Sempurna Pegangan Umat Muslim Seluruh Dunia (1)

Foto: Unsplash
193views

Kita takkan bisa pungkiri lagi bahwa Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang menjadi pegangan dan dasar petunjuk kehidupan bagi umat Rasulullah ﷺ. Al-Quran lahir sebagai kitab penutup dan pembenar dari kitab-kitab sebelumnya. Hal ini sebagaimana firman Allah Swt. dalam Surah Al-Ma’idah (5) ayat 48:

Kami telah menurunkan kitab suci (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan (membawa) kebenaran sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan sebagai penjaganya (acuan kebenaran terhadapnya). Maka, putuskanlah (perkara) mereka menurut aturan yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu Kami berikan aturan dan jalan yang terang…

BACA JUGA: Ayat Al Quran tentang Sungai di Bawah Laut

Sejarah mencatat bahwa Allah menurunkan Al-Quran tidak secara langsung sekaligus melainkan secara bertahap selama kurang lebih 23 tahun. Bermula dari Surah Al-‘Alaq (96) ayat 1-5 sebagai wahyu pertama yang Allah sampaikan kepada Nabi Muhammad Saw. melalui Jibril a.s., kalam-kalam Allah kemudian secara bertahap diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw. Pewahyuan kalam Allah berakhir manakala turun ayat yang terdapat dalam Surah Al-Ma’idah ayat 5.

Diwahyukannya ayat 1-5 pada Surah Al-‘Alaq menjadi tonggak awal dari misi kenabian Muhammad, sekaligus juga menjadi awal penyebaran agama Islam. Dalam perkembangannya kemudian, Al-Quran mengalami dua periode penurun ayat-ayatnya, yakni yang dikenal dengan ayat Makiyyah dan ayat Madaniyyah.

Ayat Makiyyah menunjukkan bahwa ayat-ayat tersebut diturunkan pada saat Rasulullah Saw. berdakwah di Mekkah, yakni saat sebelum peristiwa hijrah. Pewahyuan kalam Allah pada periode Mekkah berlangsung selama 12 tahun 5 bulan. Selama periode ini, pada umumnya ayat yang diturunkan berisi tentang akidah (paham terkait keimanan) dan tauhid (dasar ajaran agama Islam). Ada 86 surah Al-Quran yang diturunkan selama periode Mekkah.

BACA JUGA: Jujur Menghantarkan kepada Segala Kebaikan

Adapun ayat Madaniyyah menunjukkan bahwa ayat-ayat tersebut diturunkan pada saat dakwah Nabi ﷺ di Madinah setelah berhijrah dari Mekkah. Tercatat Nabi ﷺ berdakwah di Madinah selama sembilan tahun sembilan bulan. Ada 28 surah Al-Quran yang diturunkan selama periode Madinah dengan ayat-ayatnya secara umum berkaitan dengan muamalat (hubungan manusia sebagai makhluk sosial), syariat (aturan dalam kehidupan Islam), dan hukum Islam. []

BERSAMBUNG

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response