Kisah Al-Quran

Penjelasan tentang Siapa Sesungguhnya Dzulkarnain

foto: unsplash
35views

Dalam Surah Al-Kahfi ada kisah khusus tentang Dzulkarnain. Meskipun tidak dikisahkan secara terperinci, dengan adanya kisah tersebut, tentu ada pelajaran yang bisa kita petik.

Lantas, siapakah sebenarnya Dzulkarnain? Dzulkarnain dalam bahasa Arab artinya adalah yang memiliki dua tanduk. Kenapa dia disebut pemilik dua tanduk? Hal ini diperselisihkan oleh para ahli tafsir. Ada yang mengatakan bahwa benar-benar Dzulkarnain punya tanduk yang keluar di atas kepalanya di sebelah kanan dan kiri. Ada yang mengatakan bahwa disebut pemilik dua tanduk karena Dzulkarnain menguasai Persia dan Roma, dan kita tahu bahwa Persia dan Romawi adalah dua tempat yang memiliki kekuatan yang hebat pada zaman tersebut, dan Dzulkarnain menguasainya sehingga dikatakan pemilik dua tanduk.

BACA JUGA: Kisah Dzulqarnain dalam Al-Quran

Ada pula yang mengatakan bahwa disebut Dzulkarnain adalah karena dia berjihad di jalan Allah hingga dibunuh oleh kaumnya dengan ditikam di bagian kepala sebelah kanan, kemudian dihidupkan lagi oleh Allah dan berjihad lagi, tetapi dia ditikam lagi di bagian kepala sebelah kiri. Maka, dia dikatakan memiliki dua tanduk karena meninggal dengan dua bekas tikaman di kepalanya. Selain itu, ada juga yang mengatakan dua tanduk tersebut menandakan kekuatan Dzulkarnain, seakan-akan dengan kedua tanduknya ia menanduk semua penentangnya.

Sebagian ulama menguatkan bahwasanya disebut “pemilik dua tanduk” karena dia menguasai timur dan barat sehingga dikatakan Dzulkarnain karena “ia telah mencapai timur dan barat”. Sebagian ulama lainnya mengatakan bahwasanya dia dinamakan Dzulkarnain karena memiliki dua kepang, jika ia berperang maka akan tampak dua kepangnya. Ini juga kebiasaan orang-orang Arab dahulu karena mereka memiliki rambut yang panjang. Rasulullah juga pernah mengepang rambutnya.

Sebagian ulama menyebutkan bahwa Dzulkarnain masuk Islam melalui dakwah Nabi Ibrahim sehingga menunjukkan bahwa Dzulkarnain hidup pada masa Nabi Ibrahim. Siapakah Dzulkarnain? Seperti yang telah dijelaskan dalam tulisan lainnya, bahwa Al-Quran bukanlah kitab sejarah karena tidak semua orang yang hebat dicatat sejarahnya. Nabi Sulaiman saja yang sangat hebat, sejarahnya tidak detail. Ia bisa berbicara dengan hewan dan itu tidak disebutkan dalam buku-buku sejarah, padahal kekuasaannya sangat luas pada saat itu.

Tidak seperti zaman sekarang yang bisa mendokumentasikan sesuatu lewat telepon genggam dan lainnya, zaman dahulu tidak ada alat-alat yang canggih sehingga kebanyakan sejarah harus dicatat, atau dibuat prasasti, atau yang lainnya. Jika tidak dicatat maka sejarah tersebut akan hilang. Atau, meskipun tercatat, ia akan hilang disebabkan peperangan yang menyebabkan banyak buku dan prasasti hancur. Sejarah juga bisa hilang dikarenakan bencana alam dan banyak sebab lainnya yang menyebabkan hilangnya sejarah. Ditambah lagi terkadang penguasa (dari kalangan penjajah atau dari pemerintah yang zalim) bisa mengarang sejarah palsu yang disesuaikan dengan kepentingan politiknya. Namun, yang pasti, kita harus yakin bahwa kisah Dzulkarnain benar-benar pernah terjadi, meskipun kita tidak mengetahui secara persis siapa Dzulkarnain tersebut.

BACA JUGA: Kisah-Kisah yang Terdapat dalam Surah Al-Kahfi (Bagian Kedua-Habis)

Sebagian orang menyangka Dzulkarnain adalah Alexander Agung dari Makedonia, sebuah negara di Yunani. Namun, hal ini dibantah oleh para ulama karena meskipun Iskandar Maqduni (Alexander Philips) merupakan raja yang sangat hebat, dia bukan orang yang beriman. Ia seorang yang musyrik. Demikian pula disebutkan dalam sejarah bahwa Alexander Philips memiliki seorang menteri yang merupakan ahli filsafat, yaitu Aristoteles, dan kita tahu bahwa Aristoteles tidak beragama, baik Yahudi maupun Nasrani, terlebih lagi Islam. Adapun Zulkarnain yang dikisahkan oleh Allah adalah seorang raja yang beriman dan menguasai timur dan barat dengan kekuasaan yang Allah berikan kepadanya di atas muka bumi.[]

SUMBER: TAFSIR AT TAYSIR SURAH AL-KAHFI, karya Ust. Firanda Andirja, Penerbit Ustadz Firanda Andirja Office

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response