Historia/Tarikh

Silsilah Nabi Ismail Sampai ke Nabi Muhammad ﷺ

foto: Pixabay
73views

Dari perkawinannya dengan anak perempuan Mudhadh, Ismail dikaruniai anak oleh Allah sebanyak 12 orang dan semuanya laki-laki. Ke-12 anaknya tersebut adalah Nabat atau Nabayuth, Qaidar, Adba’il, Mibsyam, Misyma’, Duma, Misya, Hadad, Taima’, Yathur, Nafis, dan Qaiduman. Dari mereka inilah kemudian berkembang menjadi 12 kabilah, yang semuanya menetap di Mekkah untuk sekian lama. Mata pencaharian utama mereka adalah berdagang dari negeri Yaman hingga ke negeri Syam dan Mesir. Selanjutnya, kabilah-kabilah ini menyebar di berbagai penjuru jazirah, bahkan keluar jazirah. Seiring dengan perjalanan waktu, keadaan mereka tidak lagi terdeteksi, kecuali anak keturunan Nabat dan Qaidar.

Peradaban anak keturunan Nabat bersinar di hijaz Utara. Mereka mampu mendirikan pemerintahan yang kuat yang berpusat di Petra, sebuah kota kuno yang terkenal di selatan Yordania. Kekuasaan Nabat ini telah mencapai wilayah-wilayah terdekat dan tidak seorang pun berani memusuhi mereka hingga datang pasukan Romawi yang menghabisi mereka.

Setelah melakukan penyelidikan dan penelitian yang akurat, As-Sayyid Sulaiman An-Nadawi menegaskan bahwa raja-raja keturunan Ghassan, termasuk Aus dan Khazraj, bukan berasal dari keturunan Qahthan, melainkan dari keturunan Nabat, anak Ismail dan keturunan mereka di negeri tersebut.

BACA JUGA: Mengenal Silsilah Awal Bangsa Arab

Sementara itu, anak keturunan Qidar bin Ismail tetap tinggal di Mekkah dan membina keluarga di sana hingga mendapatkan keturunan, Adnan dan anaknya Ma’ad. Dari dia-lah keturunan Arab Adnaniyah masih bisa dipertahankan keberadaannya. Adnan adalah kakek ke-22 dalam silsilah keturunan Nabi Muhammad ﷺ. Disebutkan bahwa jika beliau menyebutkan nasabnya dan sampai kepada Adnan, maka beliau berhenti dan bersabda, “Para ahli silsilah nasab banyak yang berdusta.” Beliau tidak melanjutkannya.

Segolongan ulama membolehkan penyebutan nasab dari Adnan ke atas dengan berlandaskan kepada hadis yang mengisyaratkan hal itu. Namun, mereka berbeda pendapat mengenai rincian nasab dengan perbedaan yang tidak mungkin untuk dikompromikan. Adapun peneliti senior Allamah Al-Qadhi Muhammad Sulaiman Al-Manshurfuri menguatkan pendapat Ibnu Sa’ad—sebagaimana yang disebutkan pula oleh Ath-Thabari, Al-Mas’udi, dan selain mereka di sejumlah temapt—bahwa antara Adnan sampai Ibrahim ada 40 keturunan. Ini menurut penelitian yang cukup mendalam.

Turunan Ma’ad dari anaknya Nizar telah berpencar ke mana-mana. Menurut salah satu pendapat, Nizar adalah satu-satunya anak Ma’ad. Sementara itu, Nizar mempunyai empat anak yang kemudian berkembang menjadi empat kabilah yang sangat besar, yaitu: kabilah Iyad, Anmar, Rabi’ah, dan Mudhar. Dua kabilah terakhir inilah, yakni Kabilah Rabi’ah dan Kabilah Mudhar, yang paling banyak marga dan sukunya. Dari Rabiah ada Asad bin Rabi”ah, Anzah, Abdul Qais, dua anak Wa’il, Bakar dan Taghlib, Hanifah, dan lain-lainnya.

Kabilah Mudhar berkembang menjadi dua suku yang besar, yaitu Qais Ailan bin Mudhar dan marga-marga Ilyas bin Mudhar. Dari Qais Ailan lahirlah Bani Sulaim, Bani Hawazin, dan Bani Ghathafan. Dari Ghathafan lahir Abs, Dzibyan, Asyja’, dan Ghany bin A’shar. Dari Ilyas bin Mudhar ada Tamim bin Murrah, Hudzail bin Mudrikah, Bani Asad bin Khuzaimah, dan marga-marga Kinanah bin Khuzaimah. Dari Kinanah, lahirlah Quraisy, yaitu anak keturunan Fihr bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah.

BACA JUGA: Kisah Ibrahim dan Kecemburuan Sarah

Quraisy terbagi menjadi beberapa kabilah, yang terkenal adalah Jumuh, Sahm, Adi, Makhzum, Taim, Zuhrah, dan suku-suku Qushay bin Kilab, yakni Abdud Dar bin Qushay, Asad bin Abdul Uzza bin Qushay, dan Abdu Manaf bin Qushay.

Abdul Manaf mempunyai empat anak: Abdu Syams, Naufal, Al-Muththalib, dan Hasyim. Hasyim adalah keluarga yang dipilih Allah bagi Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hasyim.[]

 

SUMBER: SIRAH RASULULLAH

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response