Historia/Tarikh

Mengenal Silsilah Awal Bangsa Arab

Foto: Pixabay
53views

Merujuk kepada silsilah keturunan dan asal usulnya, para sejarahwan membagi bangsa Arab menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Arab Ba’idah, yakni kaum-kaum Arab terdahulu yang sejarahnya tidak bisa dilacak secara terperinci dan komplit, seperti Ad, Tsamud, Thasm, Judais, Imlaq, Umain, Jurhum, Hadhur, Wabar, Abil, Jasim, Hadramaut, dan lain-lainnya.
  2. Arab Aribah, ini bangsa Arab yang berasal dari keturunan Yasyjub bin Ya’rub bin Qahthan. Suku bangsa Arab ini dikenal dengan sebutan Arab Qhathaniyah.
  3. Arab Musta’ribah, yakni kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Ismail yang disebut juga Arab Adnaniyah.

Tentang Arab Aribah, suku ini adalah bangsa Qahthan. Tempat asal usulnya adalah negeri Yaman, lalu berkembang menjadi beberapa kabilah dan suku. Yang terkenal adalah dua kabilah, yaitu:

  1. Kabilah Himyar, yang terdiri dari beberapa suku terkenal yaitu Zaid Al-Jumhur, Qudha’ah, dan Sakasik.
  2. Kahlan, yang terdiri dari beberapa suku terkenal, yaitu: Hamadan, Anmar, Thayyi’, Kindah, Madzhaj, Lakham, Judzam, Azad, Aus, Khazraj, dan anak keturunan Jafnah, Raja Syam.

BACA JUGA: Nabi Ibrahim Ayah dari Bani Israil dan Suku Quraisy

Suku-suku Kahlan banyak yang hijrah meninggalkan Yaman, lalu menyebar ke berbagai penjuru Jazirah Arab menjelang terjadinya banjir besar saat mereka mengalami kegagalan dalam perdagangan. Hal ini sebagai akibat dari tekanan bangsa Romawi dan tindakan mereka menguasai jalur perdagangan laut, dan setelah mereka menghancurkan jalur darat serta berhasil menguasai Mesir dan Syam.

Suku-suku Kahlan yang berhijrah dapat dibagi menjadi empat golongan:

  1. Perpindahan suku ini dipimpin oleh pemuka dan pemimpin mereka, Imran bin Amru Muzaiqiya. Mereka berpindah-pindah di negeri Yaman dan mengirim para pemandu, lalu berjalan ke arah utara dan timur. Rincian akhir tempat-tempat yang pernah mereka tinggali setelah perjalanan mereka adalah: Tsa’labah bin Amru pindah dari Azad menuju Hijaz, lalu menetap di antara Tsa’labiyah dan Dzi Qar. Setelah anaknya besar dan kuat, dia pindah ke Madinah dan menetap di sana. Di antara keturunan Tsa’labah ini adalah Aus dan Khazraj, yaitu dua orang anak dari Haritsah bin Tsa’labah.

Di antara keturunan mereka yang bernama Haritsah bin Amr (atau yang dikenal dengan Khuza’ah) dan anak keturunannya berpindah ke Hijaz hingga mereka singgah di Murr Azh-Zhahran, yang selanjutnya membuka Tanah Suci dan mendiami Mekkah serta mengusir penduduk aslinya, Al-Jarahimah. Sedangkan, Imran bin Amru singgah di Oman, lalu bertempat tinggal di sana bersama anak-anak keturunannya yang disebut Azd Oman. Sementara itu, kabilah-kabilah Nashr bin Al-Azd menetap di Tihamah, yang disebut Azd Syanuah. Jafnah bin Amr pergi ke Syam dan menatap di sana bersama anak keturunannya. Dia dijuluki Bapak

Para Raja Al-Ghassasinah, yang dinisbatkan kepada mata air di Hijaz, yang dikenal dengan nama Ghassan, yang telah mereka singgahi sebelum akhirnya pindah ke Syam.

  1. Lakhm dan Judzam

Mereka pindah ke timur dan utara. Tokoh di kalangan mereka adalah Nashr bin Rabi’ah, pemimpin raja-raja Al-Mundzir di Hirah.

BACA JUGA: Pembahasan Silsilah Rasulullah dalam Surah Al-Quraisy (106) Ayat 1

  1. Bani Tha’i. Setelah Azad berpindah, mereka berpindah ke arah utara hingga singgah di antara dua gunung, Aja’ dan Salma. Mereka menetap di sana hingga mereka dikenal dengan sebutan Al-Jabalani (dua gunung) di Gunung Thayyi’.
  2. Kindah

Mereka singgah di Bahrain, lalu terpaksa meninggalkannya dan singgah di Hadramaut. Namun, nasib mereka tidak jauh berbeda seperti saat berada di Bahrain hingga mereka pindah lagi ke Najd. Di sana mereka mendirikan pemerintahan yang besar dan kuat. Tetapi, secepat itu pula mereka punah dan tak meninggalkan jejak. Di sana masih ada satu kabilah dari Himyar yang diperselisihkan asal keturunannya, yaitu Qudha’ah. Mereka hijrah meninggalkan Yaman dan menetap di pinggiran Irak.[]

 

SUMBER: SIRAH RASULULLAH

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response