Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Ali-Imran (3) Ayat 12 dan 23

Foto: Pixabay
35views

Surah Ali-Imran (3) Ayat 12

قُلْ لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا سَتُغْلَبُوْنَ وَتُحْشَرُوْنَ اِلٰى جَهَنَّمَ ۗ وَبِئْسَ الْمِهَادُ

Katakanlah (Nabi Muhammad) kepada orang-orang yang kufur, “Kamu (pasti) akan dikalahkan dan digiring ke dalam (neraka) Jahanam. Itulah seburuk-buruk tempat tinggal.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Rabi’ berkata, “Bahwasanya orang-orang Nasrani mendatangi Rasulullah ﷺ dan mereka mendebatnya dalam perkara Nabi Isa a.s.. Maka, Allah menurunkan firman-Nya, ‘Aliif Laam Mim’. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi ters-menerus mengurus makhluk-Nya. Dia menurunkan Al-Kitab (Al-Quran) kepadamu dengan sebenarnya, membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil”. Hingga lebih dari delapan puluh ayat darinya (Surah Ali-Imran).

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al_Baqarah (2) ayat 278 dan 285  

Dan berkata Ibnu Ishaq, bercerita kepada Muhammad bin Sahal bin Abi Umamah dengan berkata, “Ketika penduduk Najran datang kepada Rasulullah ﷺ menanyakan tentang Isa bin Maryam, turun pada mereka ayat awal dari surah Ali-Imran hingga ayat delapan puluhan. Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam kitab Dalail An-Nubuwwah.

Dan diriwayatkan oleh Ibnul Mundzir dari Ikrimah berkata, “Seorang Yahudi yang bernama Fankhash berkata, ‘Janganlah Muhammad diperdayakan dengan membunuh dan mengalahkan kaum Quraisy, sesungguhnya orang-orang Quraisy tidak pandai berperang. Maka, turunlah ayat ini.’”

Surah Ali-Imran (3) Ayat 23

اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ اُوْتُوْا نَصِيْبًا مِّنَ الْكِتٰبِ يُدْعَوْنَ اِلٰى كِتٰبِ اللّٰهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ يَتَوَلّٰى فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ وَهُمْ مُّعْرِضُوْنَ

Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memerhatikan orang-orang (Yahudi) yang telah diberi bagian (pengetahuan) kitab (Taurat)? Mereka diajak (berpegang) pada kitab Allah untuk memutuskan (perkara) di antara mereka, kemudian segolongan dari mereka berpaling dan menolak (kebenaran).

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) Ayat 267 dan 272

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Ibnul Mundzir dari Ikrimah dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Rasulullah masuk ke dalam Baitul Madras (tempat ibadah orang-orang Yahudi) yang di dalamnya terdapat sekumpulan orang Yahudi, kemudian beliau mengajak mereka kepada jalan Allah, maka Nu’aim bin Amru dan Haris bin Zaid berkata kepada beliau, ‘Kamu berada di dalam agama apa, wahai Muhammad?’ Rasulullah menjawab, ‘Berada dalam agama Ibrahim’ kemudian mereka berdua berkata, ‘Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang Yahudi.’ Rasulullah bersabda kepada kedua orang tersebut, ‘Mendekatlah kepada Taurat, sesungguhnya ia ada di hadapan kita dan kalian maka mereka berdua mengabaikannya,’ maka turunlah firman Allah, ‘Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang telah diberi bagian yaitu Al-Kitab (Taurat), mereka diseru kepada kitab Allah’ hingga ayat ‘selalu mereka ada-adakan’”.[]

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response