Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) Ayat 267 dan 272

Foto: Pixabay
50views

Surah Al-Baqarah (2) Ayat 267

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu infakkan, padahal kamu tidak mau mengambilnya, kecuali dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Al-Hakim, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan yang lainnya dari Al-Bara’ berkata, “Ayat ini turun pada kita orang-orang Anshar, dahulu kami mempunya kebun kurma, dan seseorang bersedekah sesuai dengan banyak atau sedikitnya hasil kebun, dan orang-orang yang tidak menginginkan kebaikan memberikan sedekah dengan tandan kurma yang di dalamnya kurma jelek tidak keras bijinya dan kurma basah yang telah rusak, dan dengan tandan kurma yang sudah pecah. Maka, turunlah firman Allah, ‘Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik …’”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 241 dan 245

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, An-Nasa’i, dan Al-Hakim dari Sahal bin Hanif berkata, “Dahulu orang-orang memilih buah-buahan yang jelek untuk mereka keluarkan sebagai sedekah, maka turunlah firman Allah, ‘Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu infakkan…’”

Diriwayatkan oleh Al-Hakim dari Jabir berkata, Rasulullah diperintahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah sebesar satu sha’ dari kurma, maka seseorang dengan kurma yang jelek. Kemudian, turunlah firman Allah, “Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu infakkan….’”

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatin dari Ibnu Abbas r.a. berkata. “Dahulu para sahabat Nabi membeli makanan yang murah dan kemudian bersedekah dengan makanan tersebut, maka turunlah ayat ini.

Surah Al-Baqarah (2) Ayat 272

۞ لَيْسَ عَلَيْكَ هُدٰىهُمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ خَيْرٍ فَلِاَنْفُسِكُمْ ۗوَمَا تُنْفِقُوْنَ اِلَّا ابْتِغَاۤءَ وَجْهِ اللّٰهِ ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ خَيْرٍ يُّوَفَّ اِلَيْكُمْ وَاَنْتُمْ لَا تُظْلَمُوْنَ

Bukanlah kewajibanmu (Nabi Muhammad) menjadikan mereka mendapat petunjuk, tetapi Allahlah yang memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki (berdasarkan kesiapannya untuk menerima petunjuk). Kebaikan apa pun yang kamu infakkan, (manfaatnya) untuk dirimu (sendiri). Kamu (orang-orang mukmin) tidak berinfak, kecuali karena mencari rida Allah. Kebaikan apa pun yang kamu infakkan, niscaya kamu akan diberi (pahala) secara penuh dan kamu tidak akan dizalimi.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) Ayat 256 dan 257

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh An-Nasa’i, Al-Hakim, Al-Bazzar, Ath-Thabarani, dan yang lainnya dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Dahulu orang-orang Muslim tidak ingin memberikan bagian kepada keturunan mereka yang musyrik, kemudian keturunan-keturunan mereka meminta bagian mereka, maka mereka diberikan keringanan dan turunlah firman Allah, ‘Bukanlah kewajibanmu (Nabi Muhammad) menjadikan mereka mendapat petunjuk, tetapi Allahlah yang memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki (berdasarkan kesiapannya untuk menerima petunjuk). Kebaikan apa pun yang kamu infakkan, (manfaatnya) untuk dirimu (sendiri). Kamu (orang-orang mukmin) tidak berinfak, kecuali karena mencari rida Allah. Kebaikan apa pun yang kamu infakkan, niscaya kamu akan diberi (pahala) secara penuh dan kamu tidak akan dizalimi.’”

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas r.a., bahwasanya Rasulullah memerintahkan kepada setiap orang Muslim untuk tidak bersedekah kepada selain Muslim, maka turunlah firman Allah, ‘‘Bukanlah kewajibanmu (Nabi Muhammad) menjadikan mereka mendapat petunjuk….’” maka kemudian diperintahkan untuk bersedekah kepada setiap[ orang yang meminta dari setiap agama.[]

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response