Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) Ayat 256 dan 257

Foto: Unsplash
38views

Surah Al-Baqarah (2) Ayat 256

لَآ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِالطَّاغُوْتِ وَيُؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗوَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam). Sungguh, telah jelas jalan yang benar dari jalan yang sesat. Siapa yang ingkar kepada thagut dan beriman kepada Allah sungguh telah berpegang teguh pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, An-Nasa’i, dan Ibnu Hibban dari Ibnu Abbas berkata, “Dahulu ada seorang perempuan yang anaknya meninggal setiap ia melahirkan, maka ia bernadzar jika ia melahrkan dan anaknya hidup, maka ia akan menjadikannya seorang Yahudi, maka ketika Bani Nadzir diusir, di antara mereka ada anak-anak kaum Anshar dan mereka berkata, “Kami tidak akan membiarkan anak-anak kami, maka turun firman Allah, ‘Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam).’”

Dan, diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari jalur Sa’di atau Ikrimah, dari Ibnu Abbas berkata, “Ayat ‘Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam)’ turun pada seorang laki-laki dari kaum Anshar dari Bani Salim bin Auf yang biasa dipanggil Hushain, ia mempunyai dua anak yang beragama Nasrani, akan tetapi ia sendiri beragama Islam, maka ia berkata kepada Nabi ﷺ, ‘Apakah aku harus memaksa mereka untuk masuk ke dalam Islam, sesungguhnya mereka menolak agama kecuali Nasrani?‘ Maka Allah menurunkan ayat ini.”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 238 dan 240

Surah Al-Baqarah (2) Ayat 257

اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَوْلِيَاۤؤُهُمُ الطَّاغُوْتُ يُخْرِجُوْنَهُمْ مِّنَ النُّوْرِ اِلَى الظُّلُمٰتِۗ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ࣖ

Allah adalah pelindung orang-orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari aneka kegelapan menuju cahaya (iman). Sedangkan orang-orang yang kufur, pelindung-pelindung mereka adalah thagut. Mereka (thagut) mengeluarkan mereka (orang-orang kafir itu) dari cahaya menuju aneka kegelapan. Mereka itulah para penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Abdah bin Abi Lubabah dalam firman Allah, “Allah pelindung orang-orang beriman”, berkata, “Mereka adalah orang-orang yang beriman kepada Isa a.s., maka ketika Nabi Muhammad ﷺ diutus, mereka beriman kepadanya, maka turunlah ayat ini.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Mujahid berkata, “Bahwasanya dahulu suatu kaum yang beriman kepada Isa a.s. dan kaum yang lain mengingkarinya, maka ketika Nabi ﷺ diutus, orang-orang yang mengingkari Isa beriman kepada Rasulullah, dan orang-orang yang beriman kepada Isa mengingkari Nabi, maka turunlah ayat ini.”

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL, karya Imam As-Suyuthi

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response