Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Anfal (8) Ayat 47, 49, 55

Foto: Pixabay
35views

Allah berfirman dalam Surah Al-Anfal (8) Ayat 47:

وَلَا تَكُوْنُوْا كَالَّذِيْنَ خَرَجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ بَطَرًا وَّرِئَاۤءَ النَّاسِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ بِمَايَعْمَلُوْنَ مُحِيْطٌ

“Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya dengan rasa angkuh dan dengan maksud riya kepada manusia serta menghalangi (orang) dari jalan Allah. Dan (ilmu) Allah meliputi apa yang mereka kerjakan.”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Muhammad bin Ka’ab bin Al-Qurdzi bahwasanya ia berkata, “Ketika kaum Quraisy berangkat dari kota Mekkah menuju Badar, mereka membawa serta para penyanyi wanita dan gendang. Maka, Allah menurunkan firman-Nya, “Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya…”.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Anfal (8) ayat 32, 35, dan 36

Allah berfirman dalam Surah Al-Anfal (8) Ayat 49:

اِذْ يَقُوْلُ الْمُنٰفِقُوْنَ وَالَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ غَرَّ هٰٓؤُلَاۤءِ دِيْنُهُمْۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَاِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

(Ingatlah), ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya berkata, ‘Mereka itu (orang-orang Mukmin) ditipu oleh agamanya.’ (Allah berfirman), ‘Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.’”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ath-Thabarani dalam kitabnya Al-Ausath dengan sanad yang lemah dari Abu Hurairah bahwasanya ia berkata, “Ketika Allah menurunkan kepada Nabi ﷺ firman-Nya di kota Mekkah, “Golongan ini pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang.” (QS. Al-Qamar [54]: 45), Umar bin Al-Khaththab bertanya kepada Rasulullah ﷺ,’ Wahai Rasulullah, golongan apa?’ Hal ini sebelum terjadinya Perang Badar. Ketika Perang Badar pecah dan kaum kafir Quraisy kalah, aku pun memandang Rasulullah ﷺ yang sedang menatap bekas-bekas mereka dengan menghunus pedangnya dan berucap, “Golongan ini pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang.”

Jadi, ayat itu berkaitan dengan Perang Badar. Lalu, Allah menurunkan firman-Nya mengenai mereka, “Sehingga apabila Kami timpakan siksaan…“, juga menurunkan firman-Nya, “Tidakkah kamu memerhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah dengan ingkar…” dan Rasulullah ﷺ melempar mereka, dan lemparan itu mengenai mereka semua, menimpa mata dan mulut mereka, hingga ada yang terbunuh ketika ia sibuk membersihkan mata dan mulutnya. Maka Allah menurunkan firman-Nya, “Dan bukan engkau yang melempar ketika engkau meleтраr, tetapi Allah yang melempar…” Dan Allah menurunkan firman-Nya tentang Iblis, “Maka ketika kedua pasukan itu telah saling melihat (berhadapan), setan balik ke belakang….” Utbah bin Rabi’ah serta beberapa orang musyrik yang lain berkata pada waktu Perang Badar, “Orang-orang ini telah ditipu oleh agama mereka!” Maka, Allah menurunkan ayat, “(Ingatlah), ketika orang- orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya berkata: “Mereka itu (orang-orang Mukmin) ditipu oleh agamanya…”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Anfal (8) Ayat 30 dan 31

Allah berfirman dalam Surah Al-Anfal (8) Ayat 55:

اِنَّ شَرَّ الدَّوَاۤبِّ عِنْدَ اللّٰهِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَۖ

“Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah orang-orang yang kafr, karena mereka tu tidak beriman.”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Abu Asy-Syaikh dari Sa’id bin Jubair bahwasanya ia berkata bahwasanya ayat, “Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah orang-orang yang kafir, karena mereka itu tidak beriman,” turun pada enam orang Yahudi, salah satunya bernama Ibnu Tabut.

Allah berfirman dalam Surah Al-Anfal (8) Ayat 58:

وَاِمَّا تَخَافَنَّ مِنْ قَوْمٍ خِيَانَةً فَانْۢبِذْ اِلَيْهِمْ عَلٰى سَوَاۤءٍۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْخَاۤىِٕنِيْنَ ࣖ

“Dan jika kamu khawatir akan (terjadinya) pengkhianatan dari suatu golongan, maka kembalikanlah perjanjian itu kepada mereka dengan cara yang jujur. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat.”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Abu Asy-Syaikh dari Ibnu Syihab bahwasanya ia berkata, “Jibril menemui Rasulullah ﷺ dan berkata, ‘Engkau telah meletakkan senjata padahal kita masih hendak memburu musuh?! Keluarlah, sesungguhnya Allah telah memerintahkanmu untuk memerangi Quraizhah.’ Dan Allah menurunkan firman-Nya menceritakan tentang mereka. “Dan jika kamu khawatir akan (terjadinya) pengkhianatan dari suatu golongan…[]

SUMBER: ASBABUN NUZUL: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, Penulis: Imam As-Suyuthi, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response