Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Anfal (8) ayat 32, 35, dan 36

Foto: Unsplash
14views

Allah berfirman dalam Surah Al-Anfal (8) ayat 32:

وَاِذْ قَالُوا اللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ هٰذَا هُوَ الْحَقَّ مِنْ عِنْدِكَ فَاَمْطِرْ عَلَيْنَا حِجَارَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ اَوِ ائْتِنَا بِعَذَابٍ اَلِيْمٍ

“Dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata, ‘Ya Allah, jika betul (Al-Quran) ini, dia-lah yang benar dari sisi Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih.’”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Sa’id bin Jubair tentang firman Allah, “Dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata, ‘Ya Allah, jika betul (Al-Quran) ini, dialah yang benar dari sisi Engkau…’” la berkata, “Ayat ini turun berbicara tentang An-Nadhr bin Al-Harits.”

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Anas bahwasanya ia berkata, “Abu Jahal bin Hisyam mengatakan, ‘Ya Allah, jika (Al-Quran) ini benar (wahyu) dari Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih.” Maka turunlah, “Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka…

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Anfal (8) Ayat 30 dan 31

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, “Bahwa dahulu orang-orang musyrik bertawaf di sekeliling Ka’bah sambil mengucapkan, “Ya Allah, ampunilah kami!” Maka Allah menurunkan firman-Nya, “Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka… ”

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, “Bahwa dahulu orang-orang musyrik bertawaf di sekeliling Ka’bah sambil mengucapkan, “Ya Allah, ampunilah kami!” Maka Allah menurunkan firman-Nya, “Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka….

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Yazid bin Ruman dan Muhammad bin Qais bahwa orang-orang Quraisy berkata satu sama lain, “Muhammad adalah orang yang dimuliakan Allah di antara kita. “Dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata, ‘Ya Allah, jika betul (Al-Quran) ini, dialah yang benar dari sisi Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih.’” Akan tetapi, pada sore harinya mereka menyesali apa yang telah mereka katakan tadi, dan mereka berdoa: “Ya Allah, ampunilah kami!” Maka, Allah menurunkan firman-Nya, “Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” hingga firman-Nya, “Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.

Ibnu Jarir juga meriwayatkan dari Ibnu Abza bahwasanya Rasulullah ﷺ masih berada di Mekkah ketika Allah menurunkan firman-Nya. “Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka…” Setelah beliau hijrah ke Madinah, Allah menurunkan firman-Nya, “Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” dan kaum Muslimin yang masih berada di Mekkah senantiasa selalu memanjatkan istighfar, dan setelah mereka berhijrah Allah menurunkan firman-Nya, “Dan mengapa Allah tidak menghukum mereka…” Lalu, Dia memerintahkan penaklukan Mekkah (fathu Makkah), dan itulah azab yang dijanjikan-Nya kepada mereka.

Allah berfirman dalam Surah Al-Anfal (8) ayat 35:

وَمَا كَانَ صَلَاتُهُمْ عِنْدَ الْبَيْتِ اِلَّا مُكَاۤءً وَّتَصْدِيَةًۗ فَذُوْقُوا الْعَذَابَ بِمَا كُنْتُمْ تَكْفُرُوْنَ

Shalat mereka di sekitar Baitullah itu, tidak lain hanyalah siulan dan tepukan tangan. Maka rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Al-Wahidi dari Ibnu Umar bahwasanya ia berkata, “Bahwa dahulu orang-orang musyrik bertawaf di Ka’bah sambil bertepuk tangan dan bersiul, maka turunlah ayat ini.”

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Sa’id bahwasanya ia berkata, “Bahwa dahulu orang-orang Quraisy melakukan tawaf bersama Nabi ﷺ dengan tujuan mengejek beliau dan bersiul serta bertepuk tangan. Maka turunlah ayat ini. ”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Anfal (8) ayat 19 dan 27

Allah berfirman dalam Surah Al-Anfal (8) ayat 36:

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوْا عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗفَسَيُنْفِقُوْنَهَا ثُمَّ تَكُوْنُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُوْنَ ەۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى جَهَنَّمَ يُحْشَرُوْنَۙ

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. Dan ke dalam Jahanam-lah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan.

Sebab Turunnya Ayat

Ibnu Ishaq mengatakan, “Aku pernah diberitahu oleh Az-Zuhri, Muhammad bin Yahya bin Hibban, Ashim bin Umar bin Qatadah, dan Al-Hushain bin Abdurrahman bin Amru bin Sa’ad bahwasanya ketika Quraisy kalah pada Perang Badar dan mereka pulang ke Makkah… Abdullah bin Abi Rabi’ah, Ikrimah bin Abi Jahal, dan Shafwan bin Abi Umayyah bersama-sama sejumlah orang Quraisy yang lain yang ayah atau anak mereka tewas pada perang tersebut, menemui Abu Sufyan dan orang-orang Quraisy yang punya barang dagangan dalam kafilah itu. Mereka berkata, “Hai orang-orang Quraisy, Muhammad telah membantai orang-orang terbaik di antara kalian. Maka, bantulah kami dengan harta ini untuk memeranginya. Mudah-mudahan kita dapat membalas dendam kepadanya.” Mereka pun sepakat sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas, maka Allah menurunkan firman-Nya, “Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka...” hingga firman-Nya, “Orang-orang kafir itu akan dikumpulkan.”

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Al-Hakam bin Utaibah bahwasanya la mengatakan, “Ayat ini turun menceritakan tentang Abu Sufyan yang mendermakan empat puluh uqiyah emas kepada kaum musyrikin.”

Sedangkan, Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ibnu Abza dan Sa’id bin Jubair bahwasanya ayat ini turun menceritakan tentang Abu Sufyan. Pada Perang Uhud, ia menyewa dua ribu orang Habasyah dengan upah yang cukup besar untuk membantunya memerangi Rasulullah ﷺ.[]

SUMBER: ASBABUN NUZUL: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, Penulis: Imam As-Suyuthi, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response