Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 241 dan 245

foto: Pixabay
43views

Surah Al-Baqarah (2) Ayat 241

وَلِلْمُطَلَّقٰتِ مَتَاعٌ ۢبِالْمَعْرُوْفِۗ حَقًّا عَلَى الْمُتَّقِيْنَ

Bagi istri-istri yang diceraikan terdapat hak mut‘ah dengan cara yang patut. Demikian ini adalah ketentuan bagi orang-orang yang bertakwa.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Zaid berkata, ketika turun firman Allah, “Dan hendaklah kamu berikan suatu mut’ah (pemberian) kepada mereka. Orang yang mampu menurut kemampuannya dan orang yang miskin menurut kemampuannya (pula), yaitu pemberian menurut yang patut. Yang demikian itu merupakan ketentuan bagi orang-orang yang berbuat kebajikan,” berkata seorang laki-laki, “Jika aku ingin berbuat baik, maka aku akan melakukannya, jika tidak, maka aku tidak akan melakukannya. Maka Allah menurunkan ayatnya, “Bagi istri-istri yang diceraikan terdapat hak mut‘ah dengan cara yang patut. Demikian ini adalah ketentuan bagi orang-orang yang bertakwa.

Surah Al-Baqarah (2) Ayat 245

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Siapakah yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah? Dia akan melipatgandakan (pembayaran atas pinjaman itu) baginya berkali-kali lipat. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki). Kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 238 dan 240

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya, Ibnu Abi Hatim, dan Ibnu Mardawaih dari Ibnu Umar berkata, “Ketika turun firman Allah, “Perumpamaan (nafkah yang diriwayatkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir…” hingga akhir ayat. Rasulullah ﷺ  bersabda, “Wahai Tuhanku, tambahkanlah untuk umatku,” maka turunlah firman-Nya, “Siapakah yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah? Dia akan melipatgandakan (pembayaran atas pinjaman itu) baginya berkali-kali lipat. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki). Kepada-Nyalah kamu dikembalikan.’”

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL, karya Imam As-Suyuthi

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response