Tafsir

Tentang Surah Al-Humazah

Foto: Pixabay
42views

Surah Al-Humazah merupakan surah ke-104 yang terdiri dari 9 ayat. Al-Humazah artinya “pengumpat”. Surah Al-Humazah termasuk surah Makkiyah karena diturunkan kepada Nabi ﷺ sebelum hijrah ke kota Madinah.

Pokok pembicaraan surah ini berkaitan dengan cercaan dan ancaman bagi orang-orang yang suka mengumpat dan mencela. Oleh karena itulah, surah ini dibuka dengan firman Allah wailul yang bermakna “celaka”. Dalam Al-Quran, ada surah yang didahului dengan wailul, kecuali dua surah, yakni Surah Al-Muthaffifin dan Surah A-Humazah.

Surah Al-Mutaffifin berisi ancaman bagi orang-orang yang tidak menunaikan hak manusia yang berkaitan dengan harta, yaitu mereka mengurangi timbangan ketika menimbang harta orang lain. Sementara itu, Surah Al-Humazah berisi celaan terhadap orang-orang yang suka mengumpat dan mencela harga diri orang lain. Hal ini karena mengganggu orang lain—baik hartanya maupun harga dirinya—bukanlah perkara yang kecil dalam syariat Islam.

BACA JUGA: Tafsir Surah Al-‘Alaq: Penjelasan tentang Permulaan Turunnya Wahyu

Nabi ﷺ pernah bersabda: “Sesungguhnya darah kalian, harta benda kalian, dan kehormatan kalian, haram atas kalian.” Sebagaimana perbuatan membunuh orang lain yang membuat pelakunya diancam oleh Allah, begitu pula dengan perbuatan merampas harta orang lain dan juga mencela orang lain. Setiap orang perlu berhati-hati dalam menjaga lisannya agar tidak mudah mencela atau menjatuhkan harga diri orang lain. Orang yang mengumpat atau mencela diancam Allah dengan kecelakaan.[]

 

SUMBER: TAFSIR JUZ AMMA, karya Ust. Firanda Andirja

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response