Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al_Baqarah (2) ayat 278 dan 285  

Foto: Pixabay
36views

Surah Al-Baqarah (2) Ayat 278

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَذَرُوْا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبٰوٓا اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang Mukmin.

 Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dalam ­Musnad-nya, dan Ibnu Mandah dari jalur Al-Kalbi dari Abu Shalih, dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Disampaikan kepada kami bahwasanya ayat ini turun pada Bani Amru bin Auf dari Tsaqif, dan Bani Mughirah, adalah Bani Mughirah mempunyai utang dari hasil riba kepada orang-orang Tsaqif, dan ketika Allah menaklukkan kota Mekkah untuk Rasulullah, Allah menghapuskan segala bentuk riba pada hari itu.”

Kemudian Bani Amru dan Bani Mughirah berselisih dalam masalah pembayaran utang karena hasil riba mereka, maka mereka mendatangi seseorang yang Bernama Attab bin Usaid yang pada saat itu menjadi gubernur di kota Mekkah, maka Bani Mughirah berkata, “Kami adalah orang yang paling sengsara karena riba sedangkang Rasulullah telah membatalkan semua riba selain kami.” Bani Amru pun menyahut, “Kami telah berdamai dengannya (Muhammad) dan telah sepakat bahwa riba kami dari orang-orang (selain orang-orang Muslim) adalah hak kami, kemudian Attab mengabarkan kepada Rasulullah tentang hal tersebut, maka turunlah ayat ini dan ayat setelahnya.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ikrimah berkata, “Ayat ini turun pada orang-orang Tsaqif. Dan mereka terdapat Mas’ud, Habib, Rabi’ah, dan Abdul Yalail, mereka dari Bani Amru dan Bani Umair.”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) Ayat 267 dan 272

Surah Al-Baqarah (2) Ayat 285

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Rasul (Muhammad) beriman pada apa (Al-Quran) yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang Mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata,) “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Mereka juga berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim, dan selain mereka dari Abu Hurairah berkata, “Ketika turun ayat, ‘Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatan itu’ para sahabat merasa berat dengan hal tersebut, maka mereka mendatangi Rasulullah kemudian berlutut di hadapan beliau dan berkata, ‘Telah diturunkan ayat ini kepadamu akan tetapi kami tidak sanggup menanggungnya’ kemudian Rasulullah bersabda, ‘Apakah kalian ingin mengatakan seperti apa yang dikatakan oleh Yahudi dan Nasrani sebelum kalian, ‘Kami mendengar dan kami tidak ingin menurutinya’, akan tetapi katakanlah, ‘Kami mendengar dan kami taat.’ (Mereka berdoa): ‘Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkau-lah tempat kembali.’”

Ketika mereka mengatakan kalimat ini dengan mudah, Allah menurunkan firman-Nya setelah itu, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) Ayat 256 dan 257

(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunkanlah kami, dan rahmatilag kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

Dan Muslim meriwayatkan dari selainnya dari Ibnu Abbas r.a. seperti hadis ini.[]

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL, karya Imam As-Suyuthi

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response