Kisah Al-Quran

Kehancuran Pasukan Abrahah yang Hendak Menyerang Ka’bah

Foto: Pixabay
44views

Dalam Surah Al-Fiil (surah ke-105) ayat 5, Allah subhanahu wata’ala berfirman:

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ ࣖ

Sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat)

Penjelasan Ayat

Disebutkan ketika burung-burung tersebut mulai melempari tentara Abrahah dengan batu, sebagian anggota pasukan itu ada yang langsung tewas karena batu tersebut seakan-akan membelah tubuhnya. Allah pun menyamakan mereka seperti daun yang kering dimakan ulat. Namun, di antara mereka ada juga yang selamat tetapi cacat. Bahkan, Aisyah pernah melihat ada salah seorang bekas pasukan Abrahah yang buta dan cacat meminta-minta kepada kaum Muslimin. Ia dibiarkan hidup oleh Allah dalam keadaan cacat.

Abrahah sendiri terkema lemparan batu dan tidak langsung mati saat itu. ia melarikan diri menuju Yaman dalam kondisi tubuh yang terlepas sedikit demi sedikit. Itulah siksaan yang sangat pedih di dunia. Allah menunda kematian Abrahah hingga ia sampai Yaman. Dalam kondisi dada terbelah dan jantung yang keluar, Abrahah pun mati di negerinya sendiri.

BACA JUGA: Kisah Abrahah yang Ingin Menghancurkan Ka’bah (Bagian Terakhir)

Kehancuran Abrahah dan bala tentaranya diketahui oleh orang-orang kafir Quraisy. itulah nikmat Allah yang diberikan kepada mereka. Allah menjaga Ka’bah bukan karena ada mereka di sana karena pada kenyataannya, orang-orang Quraisy tidak dapat membantu-Nya. Sementara itu, pada tahun itu pula lah Nabi Muhammad ﷺ dilahirkan. Oleh sebab itu, sebagian ulama mengatakan bahwa salah satu tanda kelahiran nabi adalah peristiwa dihancurkannya tentara bergajah. Allah seakan-akan ingin mengatakan bahwa Dia-lah yang menjaga rumah-Nya dan Dia pula yang akan membela syariat-Nya dengan mengutus Nabi Muhammad. Nabi akan berjuang memurnikan tauhid kepada Allah yang telah dicemari dengan kesyirikan yang dilakukan oleh orang-orang musrikin.

Pada tahun itu pula, kelahiran Nabi Muhammad ﷺ. Sebagian menyebutkan bahwa kelahirannya sekitar 50 hari setelah tragedi pasukan bergajah.

Kisah ini merupakan kisah nyata. Ironisnya, ada sebagian penulis dan orientalis yang mengatakan bahwa kisah ini hanyalah dongeng yang disebutkan Allah dalam Alquran. Mereka menganggap tidak mungkin ada kisah tentara bergajah yang dihancurkan oleh burung-burung dengan cara melemparinya dengan batu. Klaim mereka bahwa kisah ini sekadar dongeng pun dibantah oleh para ulama. Salah satu buktinya adalah peninggalan syair-syair jahiliyah yang banyak menyebutkan kisah pasukan bergajah ini dan masih ada sampai sekarang. Ada juga bukti yang menunjukkan kebenaran kisah ini berupa catatan kelahiran Si Fulan atau Fulan yang ditandai dengan sebelum tahun gajah atau sesudah tahun gajah. Hal ini membuktikan bahwa tahun gajah dijadikan sebagai istilah penanggalan. Seandainya kisah ini hanyalah dongeng tahun gajah tidak mungkin dijadikan sebagai istilah penanggalan.

Menurut sebagian orang kafir, Abrahah tidak berniat ke Mekkah untuk menghancurkan Ka’bah. Ia berangkat dari zaman karena ingin berperang dengan bangsa Persia yang pada saat itu juga berperang melawan bangsa Romawi. Dalam perjalanan tersebut, orang-orang kafir berpendapat bahwa Abrahah mengambil jalur darat dengan melewati Mekkah. Pendapat orang-orang kafir ini tidak benar karena jika Abrahah memang ingin menyerang Persia, ia seharusnya mengambil jalan laut yang lebih mudah dan lebih dekat.

BACA JUGA: Kisah Abrahah yang Ingin Menghancurkan Ka’bah (Bagian Kedua)

Disebutkan pula bahwa Ibnu Hisyam dengan sanad yang hasan, Aisyah menceritakan bahwa ia melihat pemimpin gajah dan pawangnya masih hidup dalam kondisi buta dengan meminta-minta makanan di Mekkah. Jadi, tidak semua anggota pasukan Abrahah mati. Sebagian dari mereka hidup cacat dengan kondisi buta dan memprihatinkan. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kisah pasukan gajah merupakan kisah nyata yang terjadi pada tahun kelahiran Nabi.[]

 

SUMBER: TAFSIR JUZ AMMA

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response