Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) Ayat 220 dan 221

Foto: Unsplash
36views

Surah Al-Baqarah (2) ayat 220

فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۗ وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْيَتٰمٰىۗ قُلْ اِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۗ وَاِنْ تُخَالِطُوْهُمْ فَاِخْوَانُكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ ۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَاَعْنَتَكُمْ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

tentang dunia dan akhirat. Mereka bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik.” Jika kamu mempergauli mereka, mereka adalah saudara-saudaramu. Allah mengetahui orang yang berbuat kerusakan dan yang berbuat kebaikan. Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.

 Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, An-Nasa’i, Al-Hakim, dan yang lain dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Ketika turun ayat, ‘Dan janganlah kalian mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik’ (QS. Al-Isra [17]: 34) dan ‘Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim’ (QS. An-Nisa [4]: 10) maka beranjaklah orang-orang yang di sisinya ada (mempunyai) anak yatim, kemudian memisahkan makanan mereka dengan makanan anak yatim, begitu juga minum mereka, dan mereka melebihkan makanan  anak yatim dari makanan mereka dan mengurung mereka sehingga  makanan tersebut dimakanan atau makanan tersebut rusak, hingga hal tersebut melampaui batas, kemudian mereka menceritakan hal tersebut kepada Nabi, maka turunlah ayat, ‘Mereka bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang anak-anak yatim.’”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 217 dan 219

Surah Al-Baqarah (2) ayat 221

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكٰتِ حَتّٰى يُؤْمِنَّ ۗ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ ۚ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّٰى يُؤْمِنُوْا ۗ وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ ۗ اُولٰۤىِٕكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ ۖ وَاللّٰهُ يَدْعُوْٓا اِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِاِذْنِهٖۚ وَيُبَيِّنُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ ࣖ

Janganlah kamu menikahi perempuan musyrik hingga mereka beriman! Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik, meskipun dia menarik hatimu. Jangan pula kamu menikahkan laki-laki musyrik (dengan perempuan yang beriman) hingga mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Mundzir, Ibnu Abi Hatim, dan Al-Wahidi, dari Muqatil berkata, “Ayat ini turun pada Ibnu Abi Al-Martsad Al-Ghanawi, ia meminta izin kepada Rasulullah untuk menikahi Wanita yang Bernama Anaq, Wanita tersebut adalah musyrik, dan ia juga Wanita cantik dan kaya. Maka turunlah ayat ini.”

Firman Allah, “Wala amatum mu’minatun khair mim musyrikatin (Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik).

Diriwayatkan oleh Al-Wahidi dari jalur As-Suddi dari Abu Malik, dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Ayat ini turun pada Abdullah bin Rawahah, ia mempunya budak Wanita yang hitam, dan ia sedang marah kepada budaknya tersebut dan menamparnya, kemudian ia takut denga napa yang telah ia lakukan, makai a dating kepada Rasulullah dan menceritakan hal tersebut dan kemudian berkata, ‘Aku akan memerdekakannya dan menikahinya’ dan ia benar-benar melakukannya. Beberapa orang Muslim mengejeknya dengan berkata, ‘Ia menikahi seorang budak’ maka Allah menurunkan ayat ini.’”

Dari Riwayat ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dai As-Suddi denhan derajat munqathi.[]

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 208, 214, dan 215

 

Sumber: Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi, Penerbit Pustaka Al-Kautsar

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response