Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 208, 214, dan 215

Foto: Unsplash
41views

Surah Al-Baqarah (2) ayat 208

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Wahai orang-orang yang beriman, masuklah ke dalam Islam (kedamaian) secara menyeluruh dan janganlah ikuti langkah-langkah setan! Sesungguhnya ia musuh yang nyata bagimu.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dai Ikrimah berkata, “Ayat ini turun pada Tsa’labah, Abdullah bin Salam, Ibnu Yamin, Asad bin Ka’ab, Usaid bin Ka’ab, Sa’id bin Amru, dan Qais bin Zaid. Mereka semua adalah orang-orang Yahudi dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, hari Sabtu adalah hari yang kami agungkan, maka biarkan kami mengagungkannya, dan Taurat adalah kitab suci dari Allah, maka biarkan kami bangun malam hari untuk dengan kitab itu. Maka, turunlah ayat, ‘Wahai orang-orang yang beriman, masuklah ke dalam Islam (kedamaian) secara menyeluruh’”.

Surah Al-Baqarah (2) ayat 214

اَمْ حَسِبْتُمْ اَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَّثَلُ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۗ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاۤءُ وَالضَّرَّاۤءُ وَزُلْزِلُوْا حَتّٰى يَقُوْلَ الرَّسُوْلُ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ مَتٰى نَصْرُ اللّٰهِ ۗ اَلَآ اِنَّ نَصْرَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan, dan diguncang (dengan berbagai cobaan) sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.

Sebab Turunnya Ayat

Abdurrazaq berkata, kami diberitahu oleh Ma’amar, dari Qatadah berkata, “Ayat ini turun pada perang Ahzab, pada hari itu di mana Nabi ﷺ dan para sahabatnya tertimpa bala dan pengepungan.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 204 dan 207

Surah Al-Baqarah (2) ayat 215

يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَا يُنْفِقُوْنَ ۗ قُلْ مَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ

Mereka bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan (dan membutuhkan pertolongan).” Kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Juraij berkata: orang-orang beriman bertanya kepada Rasulullah ﷺ di manakah mereka harus menyimpan harta mereka? Maka, turunlah ayat, “Mereka bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan (dan membutuhkan pertolongan).” Kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.

Diriwayatkan oleh Ibnul Mundzir dari Abu Hayyan, bahwasanya AMru bin Al-Jamuh bertanya kepada Nabi ﷺ, “Apa yang kami nafkahkan dari harta-harta kami? DI mana kami menyimpannya? Maka, turunlah ayat ini.”

 

Sumber: Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi, penerbit Pustaka Al-Kautsar

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response