Tafsir

Keajaiban Unta: Penjelasan Surah Al-Ghasiyyah (88) ayat 17-20

Foto: Pixabay
117views

Firman Allah dalam Surah Al-Ghasiyyah  ayat 17-20

 

اَفَلَا يَنْظُرُوْنَ اِلَى الْاِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْۗ وَاِلَى السَّمَاۤءِ كَيْفَ رُفِعَتْۗ وَاِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْۗ وَاِلَى الْاَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْۗ

Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan? Dan langit, ditinggikan? Dan gunung-gunung, bagaimana dia ditegakkan? Dan bumi, bagaimana dia dihamparkan?

 

Penjelasan Ayat

Allah menyebutkan langit, gunung, bumi, dan unta karena ciptaan inilah yang sering disaksikan oleh orang-orang Arab pada saat itu.  Allah ingin memberitahu mereka bahwa Allah Mahakuasa untuk menciptakan semuanya.

 

Syuraih Al-Qadri berkata, “Marilah kita keluar hingga kita melihat unta: bagaimana ia diciptakan, dan melihat ke langit, bagaimana diangkat da

n ditinggikan oleh Allah?

Keajaiban Unta

Salah satu ciptaan Allah yang disebutkan dalam beberapa rangkaian ayat ini adalah unta. Ada banyak keajaiban pada unta.

Imam Al Qurthubi menyebutkan salah satu keajaiban unta. Ketika Allah berfirman, “Di surga ada dipan-dipan yang ditinggikan” (Quran Surat Al-Ghasyiyah ayat 13), mungkin terbayang dalam hati orang-orang Arab Badui mendengar firman tersebut—tentang cara menaiki dipan-dipan yang tinggi. Imam Al Qurthubi mengatakan bahwa Allah akan mempermudah hal itu. Dipan-dipan tersebut akan turun Sendiri agar mudah dinaiki oleh para penghuni surga. Hal ini dapat dilihat pada unta. Jika ada orang yang hendak menaikinya, unta akan berjongkok atau membungkuk agar dapat dinaiki sebelum berdiri lagi.

BACA JUGA: Lalat dan Perumpamaannya dalam Al-Quran

Unta adalah hewan yang sangat kuat. Seandainya mengamuk, unta dapat menjadi hewan yang sangat berbahaya, bahkan dapat membunuh manusia. Namun, dengan izin Allah, unta menjadi hewan yang sangat jinak, bahkan tunduk kepada manusia yang sangat lemah. Unta menjadi hewan yang mudah ditunggangi dan dapat dibebani barang-barang yang berat di atas punggungnya.

Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, unta merupakan satu-satunya hewan yang mempunyai tiga fungsi sekaligus yang tidak terdapat pada hewan-hewan yang lain.

  1. Unta berfungsi sebagai kendaraan atau tunggangan jarak jauh;
  2. Unta dapat mengangkut barang-barang yang berat;
  3. Daging dan susu unta bisa dimakan dan diminum.

Ketiga fungsi ini tidak terdapat pada satu hewan sekaligus, kecuali unta. Selain itu, unta dapat menempuh Sahara (padang pasir) yang luas. Oleh karena itu, unta dijuluki dengan safinatusSahara atau kapal padang pasir. Unta dapat berjalan di padang pasir dan kuat tidak makan dan minum selama 8 hari, bahkan sampai dua pekan. Seluruh tubuh unta diselimuti bulu-bulu yang tebal dan keras sehingga dapat bertahan pada cuaca yang panas atau dingin dalam waktu yang lama. Bagian tubuh unta yang digunakan untuk duduk juga berasal dari kulit yang sangat tebal seperti lutut, kaki, dan paha sehingga unta tidak kepanasan. Meskipun demikian, Allah menjadikan kulit unta hanya tebal di bagian tertentu saja agar tidak sulit disembelih atau dikuliti.

BACA JUGA: Mengenal Buah Delima yang Namanya Tercantum dalam Al-Quran

Salah satu keajaiban unta adalah lehernya yang panjang yang berfungsi seperti dongkrak. Apabila unta sedang mengangkut barang yang banyak, lalu beristirahat, agar Ia menggunakan lehernya sebagai dongkrak agar mudah berdiri karena beban dan tubuhnya yang berat. Hal ini tidak dijumpai pada hewan lain. Unta juga memiliki punuk di punggungnya. Punuknya berfungsi sebagai tempat penyimpanan sumber makanan dan minuman. Inilah yang menjadi rahasia unta mampu bertahan lama tanpa makanan dan minum.

Jika dilihat dari kakinya, kaki unta sangat panjang sehingga tubuhnya tidak terlalu merasakan panas dari bawah, atau padang pasir. Bahkan, unta mempunyai kuku-kuku yang bentuknya khas sehingga kakinya tidak akan  terjebak atau terperosok ke dalam pasir. Inilah hal yang sulit dilakukan oleh hewan-hewan lain jika terjebak di padang pasir. Unta juga memiliki kelopak mata yang tembus pandang. Apabila terkena debu atau badai pasir, ia bisa menutup matanya sambil tetap melihat sekelilingnya.

Unta pun dapat mengetahui sumber mata air dari jarak yang jauh. Jika telah menemukan sumber mata air tersebut, ia dapat menyedot 130 liter air dalam waktu 3 menit. Di samping itu, unta juga dapat meminum air laut yang tidak dapat dikonsumsi hewan lain seperti kuda atau sapi. Hal ini membuktikan bahwa unta dapat bertahan hidup sendiri di tengah gurun pasir bahkan dalam waktu yang lama.

Ada sebuah hadis Rasulullah dari sahabat Zaid bin Khalid Al Juhani ia berkata:

“Datang seorang Arab Badui kepada Nabi sambil bertanya kepadanya tentang apa yang ia temukan. Beliau bersabda: ‘Umumkan selama 1 tahun. Kemudian, kenalilah tempat dan tali pengikatnya. Apabila datang seseorang memberitahukan kepadamu tentangnya, berikanlah. Jika tidak, belanjakanlah.’”

Dia berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan kambing yang tersesat?” Beliau menjawab, “Itu milikmu atau milik saudaramu atau milik serigala”. “Bagaimana dengan unta yang tersesat?” Maka, wajah Nabi berubah dan bersabda, “Apa hubungannya denganmu? Ia membawa sepatu dan kantong airnya. Ia dapat datang ke tempat air dan makan tumbuhan sampai bertemu dengan pemiliknya.”

BACA JUGA: Keajaiban Al-Qur’an tentang Air Susu Ibu

Susu dan air seni unta juga dapat dijadikan obat. Hal ini seperti dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari:

Dari Anas bin Malik berkata, “Beberapa orang dari Ukl atau Urainah datang ke Madinah. Namun, mereka tidak tahan dengan iklim Madinah sehingga mereka pun sakit. Lalu, beliau memerintahkan mereka untuk mendatangi unta dan meminum air kencing serta susunya. Mereka pun berangkat menuju kandang unta (zakat). Ketika telah sembuh, mereka membunuh penggembala unta Nabi dan membawa unta-untanya. Kemudian, berita itu pun sampai kepada Nabi menjelang siang. Maka, beliau mengutus rombongan untuk mengikuti jejak mereka. Ketika matahari telah tinggi, utusan beliau datang dengan membawa mereka. Lalu, Rasulullah memerintahkan mereka agar dihukum. Maka, tangan dan kaki mereka dipotong serta mata mereka dicongkel. Lalu, mereka pun dibuang ke padang pasir yang panas. Mereka minta minum, tetapi tidak diberi.”

Berdasarkan hadis di atas, terlihat bahwa orang-orang tersebut meminum susu dan air kencing unta sehingga mereka sehat kembali. Pada saat ini, sudah banyak penelitian dan laporan ilmiah tentang manfaat air kencing unta. Bahkan, disebutkan juga hasil penelitian yang membuktikan air kencing unta steril dan tidak mengandung racun serta penyakit bahkan bisa menyembuhkan penyakit kanker.

Unta merupakan hewan pencemburu. Jika ingin mengawini pasangannya, tidak boleh ada unta jantan lain yang menyaksikannya. Bahkan, jika ia menyaksikan ada unta lain yang mengumpuli betinanya, ia bisa bertengkar dan membunuh unta tersebut. Hal ini berbeda dengan babi yang tidak punya rasa cemburu. Jika babi telah mengumpuli betinanya, ia mempersilakan pejantan lain untuk mengumpuli betinanya. Inilah alasan seseorang yang suka mengonsumsi daging babi akan kehilangan rasa cemburunya. Hal ini berbeda jika ada seseorang yang suka mengkonsumsi daging unta sehingga rasa cemburunya akan bertambah.

Unta juga mudah tunduk kepada seseorang. Jika seseorang memelihara dan memperlakukannya dengan baik, unta akan baik dan menuruti orang itu, tuannya. Namun, jika tuannya jahat dan perlakuan buruk padanya, unta dapat menyimpan dendam. Bahkan, ia membalas perlakuan buruk itu dengan menyakiti tuannya. Pada intinya, unta adalah hewan yang menakjubkan. Oleh karena itulah, Allah memerintahkan kita untuk merenungi dan memikirkan penciptaan unta.[]

 

SUMBER: TAFSIR JUZ AMMA

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response