Miracle Quran

Mengenal Buah Delima yang Namanya Tercantum dalam Al-Quran

Foto: Unsplash
64views

Buah delima menjadi salah satu jenis buah yang namanya disebutkan dalam Al-Quran. Tidak hanya sekali, penyebutan nama buah delima terdapat dalam tiga ayat, yakni dalam ayat ke-99 dan ke-141 surah Al-An’am serta ayat ke-68 surah Ar-Rahman. Dengan kata lain, buah delima disebutkan sebanyak tiga kali dalam Al-Quran.

Dalam surah Al-An’Am (6) ayat 99, Allah Swt. berfirman: Dia-lah yang menurunkan air dari langit lalu dengannya Kami menumbuhkan segala macam tumbuhan. Maka, darinya Kami mengeluarkan tanaman yang menghijau. Darinya Kami mengeluarkan butir yang bertumpuk (banyak). Dari mayang kurma (mengurai) tangkai-tangkai yang menjuntai. (Kami menumbuhkan) kebun-kebun anggur. (Kami menumbuhkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa…

Dalam ayat tersebut, buah delima disebutkan dengan tiga jenis buah lain yakni kurma, anggur, dan zaitun.

Sementara itu, dalam surah Al-An’am (6) ayat 141, Allah Swt. berfirman: “Dia-lah yang menumbuhkan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, serta zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya)….”

Dalam ayat tersebut, buah delima dibarengkan dengan buah kurma dan zaitun.

BACA JUGA: Klorofil dan Fotosintesis dalam Al-Quran

Adapun dalam surah Ar-Rahman (55) ayat 68, Allah Swt. berfirman: Di dalam keduanya ada buah-buahan (antara lain) kurma dan delima.

Dari sekian banyak jenis buah-buahan, tidak serta merta Allah menyebutkan nama buah delima sebanyak tiga kali apabila tidak ada hikmah di balik buah ini. Apa yang tertulis 1.400 tahun silam dalam Al-Quran tentang buah deliama tersebut terbukti keistimewaannya pada zaman kini. Banyak penelitian yang dilakukan terhadap buah delima. Hasilnya mencengangkan!

Buah delima dikenal mengandung banyak mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, dan vitamin K. Kandunagn vitamin C dalam delima sangat tinggi dan berperan penting dalam pembentukan kolagen untuk menjaga otot, tulang, dan kulit, serta menjadi pemain kunci dalam penyerapan zat besi!

Selain itu, delima juga memiliki kandungan polifenol yang kaya antioksidan. Jenis antioksidan yang terkandung di dalamnya adalah flavonoid, yang sangat eefektif untuk menangkal berbagai radikal kanker. Buah yang menjadi bagian dari kelompok berry ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, menekan kadar gula darah dan kolesterol jahat, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Keajaiban Al-Qur’an tentang Air Susu Ibu

Tidak hanya itu, hasil penelitian pada tahun 2015 juga menemukan fakta luar biasa buah delima jika disandinhkan dengan kurma. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Technion di Israel mengaitkan konsumsi rutin jus delima dan kurma dengan pencegahan serangan jantung. Para peneliti telah menemukan bahwa setengah gelas jus buah delima dalam sehari, bersama dengan tiga buah kurma, dapat menurunkan secara signifikan aterosklerosis—akumulasi sel lemak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Inggris Food & Function, para ilmuwan menguji efek buah ini pada tikus serta sel arteri yang tumbuh di laboratorium. Mereka menemukan bahwa, jika dikonsumsi secara teratur, kombinasi antioksidan yang terkandung dalam buah delima dan kurma dapat menurunkan kolesterol di arteri sebesar 28 persen. Para peneliti mengatakan kombinasi berbagai jenis antioksidan yang terkandung dalam kedua buah tersebut memberikan hasil terbaik dalam tes mereka untuk melawan penyumbatan arteri.

BACA JUGA: Lalat dan Perumpamaannya dalam Al-Quran

Demikianlah penjelasan tentang buah delima yang namanya tercantum dalam Al-Quran. Semoga bermanfaat.[]

 

SUMBER: WWW.MIRACLES-OF-QURAN.COM

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response