Miracle Quran

Klorofil dan Fotosintesis dalam Al-Quran

foto: Unsplash
88views

Pada 1400 tahun yang lalu, orang mengira bahwa semua air di planet menguap begitu saja. Namun, Al-Quran mengatakan bahwa sebagian air menguap dan sebagian lagi menjadi tanaman. Orang-orang yang skeptis menyatakan bahwa siapa pun yang menulis Al-Quran telah melakukan kesalahan: air membawa unsur hara dari tanah ke tanaman dan kemudian menguap; tidak ada air yang menjadi tanaman. Saat ini, para ilmuwan memastikan bahwa sebagian besar air menguap, sedangkan sebagian kecil lainnya berubah menjadi gula melalui fotosintesis; nantinya gula ini digunakan oleh tanaman.

Adapun sebagian besar air yang diserap tanaman akan menguap kembali ke atmosfer melalui proses yang disebut transpirasi. Transpirasi adalah proses pergerakan air melalui tumbuhan dan penguapannya dari bagian udara, seperti daun, batang, dan bunga. Air diperlukan oleh tanaman. Namun, hanya sejumlah kecil air yang diserap oleh akar yang digunakan untuk pertumbuhan dan metabolisme. Sisanya 97-99,5% hilang melalui transpirasi dan gutasi (proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun)

BACA JUGA: Keajaiban Al-Qur’an tentang Air Susu Ibu

Sebagian besar air menguap sementara kurang dari 3% tetap berada di dalam tanaman dalam bentuk gula melalui fotosintesis. Fotosintesis adalah proses yang digunakan oleh tumbuhan dan organisme lain untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang, melalui respirasi sel, nantinya dapat dilepaskan untuk bahan bakar aktivitas organisme. Fotosintesis dilakukan secara berbeda oleh spesies yang berbeda. Namun, prosesnya selalu dimulai ketika energi dari cahaya diserap oleh protein yang disebut pusat reaksi yang mengandung pigmen/kromofor klorofil hijau (dan warna lainnya).

Klorofil mengubah karbondioksida dan air menjadi oksigen dan gula. Sebagian besar air menguap kembali ke atmosfer sementara sebagian kecil tetap berada di dalam tanaman sebagai gula. Gula kemudian digunakan oleh tanaman. Fakta tersebut baru diketahui belum lama ini. Namun, hal tersebut telah digambarkan oleh Al-Qur’an 1400 tahun yang lalu.

BACA JUGA: Al-Quran: Kitab Sempurna Pegangan Umat Muslim Seluruh Dunia

Dalam Surah Al-Kahf (18) ayat 45, Allah Swt. berfirman:

وَاضْرِبْ لَهُمْ مَّثَلَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا كَمَاۤءٍ اَنْزَلْنٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ فَاخْتَلَطَ بِهٖ نَبَاتُ الْاَرْضِ فَاَصْبَحَ هَشِيْمًا تَذْرُوْهُ الرِّيٰحُ ۗوَكَانَ اللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ مُّقْتَدِرًا

Artinya: Buatkanlah untuk mereka (umat manusia) perumpamaan kehidupan dunia ini, yaitu ibarat air (hujan) yang Kami turunkan dari langit sehingga menyuburkan tumbuh-tumbuhan di bumi, kemudian (tumbuh-tumbuhan) itu menjadi kering kerontang yang diterbangkan oleh angin. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Kita telah ketahui bahwa sebagian besar air menguap (disebarkan oleh angin) sementara sebagian kecil disimpan di dalam tanaman sebagai gula. Gula ini nantinya digunakan oleh tanaman. Dengan demikian, apa yang Al-Quran gambarkan 1400 tahun yang lalu dalam ayat tersebut kini telah terbuktikan secara ilmiah.

Hal lain yang luar biasa adalah tentang klorofil. Lazimnya klorofil disebut dengan zat hijau daun. Klorofil, yang bertanggung jawab atas warna hijau tersebut, sebagian besar terdiri dari karbon, oksigen, dan hydrogen. Adapun hidrogen dan oksigen berasal dari air. Al-Quran sejak 1400 tahun silam telah menuliskan hal ini.

BACA JUGA: Ayat Al Quran tentang Sungai di Bawah Laut

Dalam Surah Al-Hajj (22) ayat 63, Allah Swt. berfirman:

اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۖ فَتُصْبِحُ الْاَرْضُ مُخْضَرَّةًۗ اِنَّ اللّٰهَ لَطِيْفٌ خَبِيْرٌ ۚ

Artinya: Tidakkah engkau memperhatikan bahwa Allah menurunkan air (hujan) dari langit sehingga bumi menghijau? Sesungguhnya Allah Mahalembut lagi Mahateliti.

Dalam ayat tersebut secara jelas tergambar bahwa air dan warna hijau saling berkaitan. Saat ini kita mengetahui bahwa hidrogen dan oksigen dalam klorofil berasal dari air.

Demikianlah keluarbiasaan Al-Quran tentang klorofil dan fotosintesis. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari semua ayat-ayat Allah yang terdapat di muka bumi.[]

Sumber tulisan: https://www.miracles-of-quran.com/chlorophyll.html

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response