Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al Baqarah Ayat 118-120

Foto: Unsplash
49views

Ayat 118

وَقَالَ الَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ لَوْلَا يُكَلِّمُنَا اللّٰهُ اَوْ تَأْتِيْنَآ اٰيَةٌ ۗ كَذٰلِكَ قَالَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ مِّثْلَ قَوْلِهِمْ ۗ تَشَابَهَتْ قُلُوْبُهُمْ ۗ قَدْ بَيَّنَّا الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يُّوْقِنُوْنَ

Orang-orang yang tidak mengetahui berkata, “Mengapa Allah tidak berbicara dengan kita atau datang tanda-tanda (kekuasaan-Nya) kepada kita?” Demikian pula orang-orang yang sebelum mereka telah berkata seperti ucapan mereka itu. Hati mereka serupa. Sungguh, telah Kami jelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada kaum yang yakin.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim dari jalur Sa’id Ikrimah dari Ibnu Abbas berkata, “Rafi’ bin Huraimalah berkata pada Rasulullah, ‘Jika engkau adalah utusan dari Allah seperti apa yang engkau katakan, maka katakanlah kepada Allah agar berbicara (langsung) kepada kami hingga kami dapat mendengar suara-Nya, maka Allah menurunkan ayat, ‘Orang-orang yang tidak mengetahui berkata, “Mengapa Allah tidak berbicara dengan kita atau datang tanda-tanda (kekuasaan-Nya) kepada kita?” Demikian pula orang-orang yang sebelum mereka telah berkata seperti ucapan mereka itu. Hati mereka serupa. Sungguh, telah Kami jelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada kaum yang yakin.’”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 115

Ayat 119

اِنَّآ اَرْسَلْنٰكَ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَّنَذِيْرًاۙ وَّلَا تُسْـَٔلُ عَنْ اَصْحٰبِ الْجَحِيْمِ

Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Nabi Muhammad) dengan hak sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Engkau tidak akan dimintai (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka.

Sebab Turunnya Ayat

Abdullah bin Razzaq berkata, Ats-Tsauri memberi tahu kepada kami, dari Musa bin Ubaidillah, dari Muhammad bin Ka’ab Al Qurazhi berkata, Rasulullah bersabda,  “Seandainya aku dapat merasakan apa yang dilakukan oleh kedua orang tuaku,” maka turunlah ayat Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Nabi Muhammad) dengan hak sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Engkau tidak akan dimintai (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka.Maka, Rasulullah tidak menyebut keduanya hingga Allah mewafatkannya.” Hadist mursal

Dan diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari jalur Ibnu Juraij berkata, aku diberitahu oleh Dawud bin Abi Ashim bahwasanya pada suatu hari Nabi bersabda, “Mana kedua orang tuaku?” maka ayat ini turun, Riwayat ini juga mursal.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 108, 113, dan 114

Ayat 120

وَلَنْ تَرْضٰى عَنْكَ الْيَهُوْدُ وَلَا النَّصٰرٰى حَتّٰى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ اِنَّ هُدَى اللّٰهِ هُوَ الْهُدٰى ۗ وَلَىِٕنِ اتَّبَعْتَ اَهْوَاۤءَهُمْ بَعْدَ الَّذِيْ جَاۤءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللّٰهِ مِنْ وَّلِيٍّ وَّلَا نَصِيْرٍ

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah rela kepadamu (Nabi Muhammad) sehingga engkau mengikuti agama mereka. Katakanlah, “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya).” Sungguh, jika engkau mengikuti hawa nafsu mereka setelah ilmu (kebenaran) sampai kepadamu, tidak ada bagimu pelindung dan penolong dari (azab) Allah.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Ibnu Abbas berkata, “Sesungguhnya orang-orang Yahudi Madinah dan orang-orang Nasrani dari Najran mengharapkan Rasulullah agar shalat menghadap ke kiblat mereka, maka ketika Allah memindahkan kiblat ke arah Ka’bah, hati mereka terasa sakit dan mereka putus asa untuk dapat membuat Rasulullah sepakat atas agama mereka, maka Allah menurunkan ayat-Nya, “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah rela kepadamu (Nabi Muhammad) sehingga engkau mengikuti agama mereka. Katakanlah, “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya).” Sungguh, jika engkau mengikuti hawa nafsu mereka setelah ilmu (kebenaran) sampai kepadamu, tidak ada bagimu pelindung dan penolong dari (azab) Allah.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah Ayat 104 dan 106

Sumber: Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi, Penerbit Pustaka Al-Kautsar

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response