Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Ma’idah (5) ayat 106

Foto: Unsplash
18views

Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا شَهَادَةُ بَيْنِكُمْ اِذَا حَضَرَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ حِيْنَ الْوَصِيَّةِ اثْنٰنِ ذَوَا عَدْلٍ مِّنْكُمْ اَوْ اٰخَرٰنِ مِنْ غَيْرِكُمْ اِنْ اَنْتُمْ ضَرَبْتُمْ فِى الْاَرْضِ فَاَصَابَتْكُمْ مُّصِيْبَةُ الْمَوْتِۗ تَحْبِسُوْنَهُمَا مِنْۢ بَعْدِ الصَّلٰوةِ فَيُقْسِمٰنِ بِاللّٰهِ اِنِ ارْتَبْتُمْ لَا نَشْتَرِيْ بِهٖ ثَمَنًا وَّلَوْ كَانَ ذَا قُرْبٰىۙ وَلَا نَكْتُمُ شَهَادَةَ اللّٰهِ اِنَّآ اِذًا لَّمِنَ الْاٰثِمِيْنَ

Hai orang-orang yang beriman, apabila salah seorang dari kamu menghadapi kematian, sedang ia akan berwasiat, maka hendaklah (wasiat itu) disaksikan oleh dua orang yang adil di antara kamu, atau dua orang yang berlainan agama dengan kamu jika kamu dalam perjalanan di muka bumi lalu kamu ditimpa bahaya kematian. Kamu tahan kedua saksi itu sesudah shalat (untuk bersumpah), lalu mereka keduanya bersumpah dengan nama Allah jika kamu ragu-ragu, (demi Allah) kami tidak akan menukar sumpah ini dengan harga yang sedikit (untuk kepentingan seseorang), walaupun ia karib kerabat, dan tidak (pula) kami menyembunyikan persaksian Allah; sesungguhnya kami kalau demikian tentulah termasuk orang-orang yang berdosa.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan ia men-dhaif-kannya dan yang lainnya dari Ibnu Abbas dari Tamim Ad-Dari dalam ayat, “Hai orang-orang yang beriman, apabila salah seorang dari kamu menghadapi kematian… ” bahwasanya ia berkata, “Bahwa sebelum Islam datang, dahulu aku dan Adi bin Bada’ adalah dua orang Nasrani yang sering bertikai dalam perjalanan menuju Syam untuk melakukan perniagaan, seseorang yang dihormati dari kalangan Bani Sahm yang bernama Badil bin Abi Maryam kepada kami dengan membawa barang dagangannya dan sebuah wajan yang terbuat dari perak.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Ma’idah (5) ayat 101

Ketika orang tersebut sakit, ia mewasiatkan kepada kami berdua untuk membawa semua barang dagangannya kepada keluarganya. Tamim berkata, “Ketika orang tersebut meninggal, kami mengambil wajannya kemudian kami jual dengan harga seribu dirham, lalu kami membagi hasil dari penjualan wajan tersebut. Ketika kami sampai kepada keluarga orang tersebut, kami menyerahkan barang dagangannya, dan mereka memeriksa barang dagangan tersebut dan tidak menemukan wajan.

Lalu, mereka menanyakan wajan tersebut kepada kami, dan kami menjawab, ‘Dia tidak meninggalkan apa pun selain barang dagangan tersebut’. Ketika Islam dan aku memeluk Islam, aku teringat akan peristiwa ini dan merasa sangat berdosa, lalu aku memutuskan untuk datang kepada keluarga orang tersebut dan menceritakan hal yang sebenarnya. Lalu, aku membayar kepada mereka 500 dirham dan memberitahu kepada mereka bahwa sisanya akan dibayar oleh Adi bin Bada’. Lalu, mereka mendatangi Adi bin Bada’ dan membawanya ke hadapan Rasulullah ﷺ.

BACA JUGA:Asbabun Nuzul Surah Al-Ma’idah (5) ayat 90 dan 100

Rasulullah ﷺ kemudian meminta bukti jika Adi bin Bada’ melakukan hal tersebut. Mereka mencari bukti dan tidak mendapatkannya. Lalu, Rasulullah ﷺ meminta mereka untuk meminta sumpah dari Adi jika ia tidak melakukannya. Maka, turunlah firman Allah, Hai orang-orang yang beriman, apabila salah seorang dari kamu menghadapi kematian, sedang ia akan berwasiat, maka hendaklah (wasiat itu) disaksikan oleh dua orang yang adil di antara kamu…” hingga firman Allah “merasa takut akan dikembalikan sumpahnya (kepada ahli waris) sesudah mereka bersumpah.” Maka, Amru bin Al-Ash kemudian berdiri dan seseorang yang lain untuk bersumpah, kemudian 500 dirham diambil dari Adi bin Bada’.

Catatan:

Adz-Dzahabi meyakini bahwasanya orang yang Bernama Tamim dalam kisah ini bukanlah Tamim Ad-Dari, dan ia menyandarkannya Muqatil bin Hayyan. Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Dan bukan hal yang baik mengatakan dengan jelas dalam hadis ini bahwasanya ia adalah Tamim Ad-Dari.’”[]

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, Penulis: Imam As-Suyuthi, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response