Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Ma’idah (5) ayat 4

foto: Pixabay
23views

Asbabun Nuzul Surah Al-Ma’idah (5) ayat 4

يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَآ اُحِلَّ لَهُمْۗ قُلْ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۙ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِّنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِيْنَ تُعَلِّمُوْنَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللّٰهُ فَكُلُوْا مِمَّآ اَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ

Mereka menanyakan kepadamu, “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, “Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatihnya untuk berburu; kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka, makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu (waktu melepaskannya). Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya.  

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani, Al-Hakim, Al-Baihaqi, dan yang lainnya dari Abu Rafi’ bahwasanya ia berkata, “Pada suatu hari, Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah ﷺ, lalu Jibril meminta izin untuk masuk ke rumah beliau dan beliau mengizinkannya. Namun, Jibril tidak juga masuk. Maka, Rasulullah ﷺ segera memakai jubah dan keluar rumah. Di luar rumah, beliau melihat Jibril sedang berdiri. Lalu, beliau berkata kepadanya, “Engkau telah aku izinkan untuk masuk rumah kami”. Jibril menjawab, “Benar, tetapi kami tidak masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat suatu gambar dan anjing”.

BACA JUGA: Penegasan tentang Hewan-Hewan yang Haram untuk Dimakan

Lalu, Rasulullah ﷺ dan anggota keluarga beliau melihat di dalam rumah terdapat anak anjing. Maka, beliau memerintahkan Abu Rafi’ agar membunuh setiap anjing yang ada di Madinah. Kemudian, orang-orang mendatangi beliau dan bertanya, “Wahai Rasulullah, apa yang dihalalkan untuk kami dari binatang yang engkau perintahkan untuk dibunuh?” Lalu, turunlah firman Allah, “Mereka menanyakan kepadamu, “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?….

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ikrimah bahwasanya ia berkata, “Rasulullah ﷺ memerintahkan Abu Rafi’ untuk membunuh anjing hingga ia sampai pada suatu tempat yang disebut ‘Awali. Kemudian, Ashim bin Adi, Sa’ad bin Khutsaimah, dan Uwaim bin Sa’idah mendatangi Rasulullah ﷺ dan bertanya kepada beliau, Apa yang dihalalkan untuk kami, wahai Rasulullah?” Lalu, turunlah firman Allah, “Mereka menanyakan kepadamu, “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?….

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Muhammad bin Ka’ab Al-Qurdzi bahwasanya ia berkata, “Ketika Nabi ﷺ memerintahkan untuk membunuh anjing-anjing, para sahabat berkata kepada beliau, “Wahai, Rasulullah! Lalu, apa yang dibolehkan untuk kami dari anjing-anjing?” maka, turunlah ayat ini.

Ibnu Jarir juga meriwatakan dari jaluir Asy-Syubi bahwasanya Adi bin Hatim Ath-Tha’I berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah ﷺ menanyakan perihal hasil buruan anjing, lalu Rasulullah tidak tahu apa yang harus ia katakan hingga turunlah firman Allah, “Kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu…”

BACA JUGA: Penjelasan tentang Hewan Pemburu

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Sa’id bin Jubair bahwasanya Adi bin Hatim dan Zaid Muhalhil Ath-Tha’i bertanya kepada Rasulullah ﷺ, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berburu dengan anjing dan burung elang, dan sesungguhnya anjing-anjing keluarga Dzarih berburu sapi, keledai, dan kijang. Dan, Allah telah mengharamkan bangkai, maka apakah yang dihalalkan untuk kami dari bangkai-bangkai tersebut?” Maka turunlah firman Allah, “Mereka menanyakan kepadamu, ‘Apakah yang dihalalkan bagi mereka?’ Katakanlah, “Dihalalkan bagimu yang baik-baik…

SUMBER: ASBABUN NUZUL: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, Penulis: Imam As-Suyuthi, Penerbit: Pustaka Al-kautsar

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response