Tafsir

Perumpamaan Allah tentang Dua Orang Lelaki

Foto: Pixabay
40views

Allah berfirman dalam Surah Al-Kahfi (18) ayat 32:

 وَاضْرِبْ لَهُمْ مَّثَلًا رَّجُلَيْنِ جَعَلْنَا لِاَحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ اَعْنَابٍ وَّحَفَفْنٰهُمَا بِنَخْلٍ وَّجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًاۗ

Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan bagi seorang diantara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan Kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon kurma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang.

Ini adalah perumpamaan yang dibuat oleh Allah yang kemudian Allah perintahkan kepada Nabi ﷺ untuk disampaikan kepada “mereka“. Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan “mereka” adalah orang-orang musyrik Quraisy yang mensyaratkan kepada Nabi Muhammad ﷺ, sebagaimana yang dijelaskan pada ayat-ayat sebelumnya bahwasanya mereka berkata, “Jika engkau (Nabi Muhammad) ingin kami (orang-orang kaya para pemuka Quraisy) beriman maka tinggalkanlah orang-orang miskin yang berada di sekitarmu! ”

Mereka bangga dengan kekayaan mereka dan mereka sombong sehingga Allah memerintahkan Nabi ﷺ untuk memberikan perumpamaan kepada mereka tentang apa itu kekayaan yang mereka banggakan. Allah menjelaskan bahwasanya kekayaan itu tidak abadi, kekayaan itu bisa saja sirna, dan semuanya itu akan kembali kepada Allah. Allah memerintahkan kepada Nabi ﷺ untuk menceritakan kepada mereka, orang-orang musyrik Quraisy, tentang kisah dua orang, yang satunya beriman dan yang satunya lagi kafir.

BACA JUGA: Perumpamaan Dua Lelaki dan Dua Kebun Anggur

Banyak pendapat yang disebutkan dalam buku-buku tafsir tentang dua orang ini. Ada yang mengatakan mereka dari Bani Israil yang satu kafir dan yang satu beriman dan keduanya bersahabat. Ada yang mengatakan mereka kakak beradik, orang tua keduanya meninggal lalu mewariskan harta yang banyak, kemudian yang satu menggunakannya untuk berinfak di jalan Allah dan yang satunya lagi menggunakan harta warisan tersebut untuk dikembangkan kemudian mereka bertemu setelah sekian lama berpisah.

Terdapat pendapat-pendapat yang lain, tetapi semua riwayatnya lemah. Oleh karenanya, perumpamaan ini juga diperselisihkan oleh para ahli tafsir, apakah perumpamaan ini hanya sekadar perumpamaan yang tidak pernah terjadi, misalnya ketika kita katakan, “Orang yang seperti ini kondisinya seperti orang yang telah jatuh lalu tertimpa tangga”. Kalimat “jatuh tertimpa tangga” bukanlah kejadian yang benar-benar terjadi, tetapi hanyalah sekadar perumpamaan.

Nah, para ulama dalam masalah ini berbeda pendapat, apakah perumpamaan ini benar-benar terjadi atau hanya kisah fiktif yang Allah buat untuk menggambarkan sesuatu? Yang di-rajih-kan oleh kebanyakan ulama tafsir bahwasanya perumpamaan ini pernah terjadi, yaitu setelah Allah bercerita tentang Ashabul Kahfi, lalu Allah bercerita tentang dua orang ini. Siapa dua orang ini? Tidak ada dalil jelas yang menjelaskan siapa dua orang ini, tetapi perumpamaan ini sangat jelas meski kita tidak mengetahui perinciannya: Siapakah dua orang ini? Di mana kebunnya? Kapan terjadinya? Karena tidak ada dalil tegas dan shahih yang menjelaskan semua ini.

BACA JUGA: Kisah Harut dan Marut dalam Al-Quran

Lalu, apakah perumpamaan tersebut? Allah berfirman sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, “Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki,  Kami jadikan bagi seorang diantara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan Kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon kurma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang.

Yaitu perumpamaan berupa dua orang lelaki yang salah satunya, yaitu lelaki yang kafir, memiliki harta yang sangat banyak yang diberi dua kebun yang besar berupa kebun anggur, kemudian di sekelilingnya ada pohon-pohon kurma. Di antara dua kebun tersebut, ada pohon-pohon buah yang lain selain anggur dan kurma. Ini menunjukkan bahwa kebun tersebut adalah kebun yang indah.[]

 

SUMBER: TAFSIR AT TAYSIR SURAH AL-KAHFI, karya: Ust. Firanda Andirja, Penerbit: Ustadz Firanda Andirja Office.

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response