Kisah Al-Quran

Urgensi Mengiringi Setiap Amal Saleh dengan Dzikir dan Mengingat Allah

foto: Unsplash
42views

Dalam Surah Thaha (20) ayat 42 Allah berfirman:

اِذْهَبْ اَنْتَ وَاَخُوْكَ بِاٰيٰتِيْ وَلَا تَنِيَا فِيْ ذِكْرِيْۚ

Pergilah engkau beserta saudaramu dengan membawa tanda-tanda (kekuasaan)-Ku dan janganlah kamu berdua lalai mengingat-Ku

Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa perintah untuk datang kepada Fir’aun berlaku kepada keduanya; tidak hanya berlaku kepada Nabi Musa saja melainkan juga berlaku kepada Nabi Harun. Para ulama berbeda pendapat tentang penentuan tanda-tanda kekuasaan yang Allah sebutkan dalam ayat ini.

Pendapat pertama menyatakan bahwa yang dimaksud adalah dua mukjizat yang telah disebutkan pada ayat sebelumnya, yaitu tongkat yang berubah menjadi ular dan tangan yang bisa mengeluarkan cahaya. Dan dua adalah bentuk jamak (plural) yang paling minimal sehingga sah-sah saja Allah menyebut kedua mukjizat tersebut dengan bentuk plural.

Pendapat kedua menyatakan bahwa yang dimaksud adalah Sembilan  mukjizat Nabi Musa yang telah Allah sebutkan pada surah-surah yang lain. Allah berfirman dalam Surah Al-Isra (17) ayat 101:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا مُوْسٰى تِسْعَ اٰيٰتٍۢ بَيِّنٰت

Dan sungguh, Kami telah memberikan kepada Musa sembilan mukjizat yang nyata

BACA JUGA: Kisah Nabi Musa dan Dua Mukjizat yang Diperlihatkan Allah

Pendapat ketiga menyatakan bahwa meskipun yang disebutkan pada ayat-ayat sebelum hanya dua mukjizat, sejatinya ia telah mewakili banyak mukjizat. Mukjizat yang berupa tongkat, selain ia mampu berubah menjadi ular yang besar, ular tersebut juga mampu bergerak-gerak dengan cepat, lalu memakan ular-ular yang lain, kemudian ia dapat seketika kembali berubah menjadi tongkat seperti sediakala, dan semuanya dengan izin Allah berada di bawah kendali Nabi Musa. Pada momen lainnya, tongkat tersebut dipukulkan kepada batu kemudian batu tersebut mengeluarkan air. Pada momen lainnya lagi, tongkat tersebut dipukulkan kepada air laut maka lautan tersebut pun terbelah dan, ketika tongkat tersebut dipukulkan kembali, lautan tersebut pun tertutup kembali. Demikian juga halnya dengan mukjizat berupa tangan yang putih, bercahaya, lalu kembali normal seperti semula dalam waktu yang singkat. Ini semua adalah sekian banyak mukjizat yang bercabang dari dua mukjizat yang disebutkan.

Ketiga pendapat di atas sama-sama dapat diterima. Wallahu a’lam.

Allah Kemudian mengingatkan agar jangan  Nabi Musa dan Nabi Harun terlalaikan dari mengingat-Nya. Ini menunjukkan bahwa seorang manusia—termasuk para nabi dan para da’i– bisa saja suatu saat terlalaikan dari mengingat Allah, terutama pada situasi yang genting seperti yang akan dihadapi oleh Nabi Musa dan Nabi Harun ketika menghadapi Fir’aun. Oleh karenanya, Allah mengingatkan kepada mereka agar jangan sampai terlalaikan dari mengingat-Nya, terutama pada situasi situasi yang genting.

BACA JUGA: Musa Minta Ditemani Saat Mendakwahi Fir’aun

Ayat ini juga menegaskan bahwa mengingat Allah adalah kunci yang dapat membuka segala kesulitan dan bahwa hendaklah seorang hamba mengiringi setiap amal saleh dan kegiatan baik yang ia lakukan dengan berzikir dan mengingat Allah, karena itulah faktor utama yang akan membuat segala urusannya dipermudah dan diberkahi oleh Allah. Allah berfirman dalam Surah Al-Baqarah (2)  ayat 152:

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Maka, ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

Ayat tersebut sangat menegaskan urgensi mengiringi setiap amal saleh dengan dzikir dan mengingat Allah. Perhatikanlah bagaimana Allah tetap mengingatkan hal ini kepada Nabi Musa dan Nabi Harun, padahal sebelumnya Nabi Musa telah menyatakan sebagaimana yang tercantum dalam Surah Thaha ayat 33-35:

كَيْ نُسَبِّحَكَ كَثِيْرًا ۙ (33) وَّنَذْكُرَكَ كَثِيْرًا ۗ (34) اِنَّكَ كُنْتَ بِنَا بَصِيْرًا (35)

Agar kami banyak bertasbih kepada-Mu, dan banyak mengingat-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Melihat keadaan kami.[]

 

SUMBER: TAFSIR AT TAYSIR

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response