Tafsir

Alasan Mengapa Dinamakan Surah Maryam

Foto: Unsplash
50views

Surah ini dinamakan dengan Surah Maryam karena di dalamnya disebutkan tentang kisah Maryam dan juga karena demikianlah para sahabat menamakannya. Ibnu Mas’ud mengatakan: “Surah Bani Israil, Al Kahfi, Maryam, Toha, dan Al-Anbiya, surah-surah ini adalah surah yang pertama yang diturunkan, dan semuanya termasuk surah-surah yang pertama kali turun (di kota Mekkah) dan yang telah kuhafal semenjak dahulu.”

Di antara dalil bahwasanya Surah Maryam termasuk surah yang pertama kali turun adalah kisah Ja’far bin Abi Thalib ketika baru berhijrah ke negeri Habasyah. Surah Maryam adalah salah satu surah yang dibacakan oleh Ja’far bin Abu Tholib kepada Raja Najasyi. Ketika mendengar surah Maryam dibacakan, Raja Najasyi tak kuasa menahan tangis, demikian pula rahib yang mendengarkan di sekelilingnya. Momen inilah titik awal keislaman raja yang mulia tersebut.

BACA JUGA: Mengenal Sebutan Muqattha’ah dalam Al-Quran

Kisah  ini jelas menunjukkan bahwa Surah Maryam adalah surah Makkiyah, yaitu surah yang turun di awal-awal Islam (sebelum Nabi hijrah ke Madinah). Ulama sepakat bahwa Surah Maryam secara umum adalah surah Makkiyah, kecuali satu ayat yang diperselisihkan apakah ia Makiyyah atau Madaniyah, yaitu ayat 58:

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ مِنْ ذُرِّيَّةِ اٰدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۖ وَّمِنْ ذُرِّيَّةِ اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْرَاۤءِيْلَ ۖوَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَاۗ اِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُ الرَّحْمٰنِ خَرُّوْا سُجَّدًا وَّبُكِيًّا ۩

Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami Beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.[]

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response