Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 199 dan 200

Foto: Unsplash
37views

Surah Al-Baqarah (2): 199

ثُمَّ اَفِيْضُوْا مِنْ حَيْثُ اَفَاضَ النَّاسُ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Kemudian, bertolaklah kamu dari tempat orang-orang bertolak (Arafah) dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Bahwasanya dahulu orang-orang Arab berhenti di Padang Arafah, dan orang-orang Quraisy berhenti di Muzdalifah, maka Allah menurunkan ayat-Nya, ‘Kemudian, bertolaklah kamu dari tempat orang-orang bertolak (Arafah).’”

Diriwayatkan oleh Ibnu Mundzir dari Asma binti Abu Bakar berkata, “Dahulu orang-orang Quraisy berhenti di Muzdalifah, dan orang-orang lain berhenti di Arafah kecuali Syaibah bin Rabi’ah, maka turunlah ayat, ‘Kemudian, bertolaklah kamu dari tempat orang-orang bertolak (Arafah).’”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 196  

Surah Al-Baqarah (2) ayat 200

فَاِذَا قَضَيْتُمْ مَّنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَذِكْرِكُمْ اٰبَاۤءَكُمْ اَوْ اَشَدَّ ذِكْرًا ۗ فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا وَمَا لَهٗ فِى الْاٰخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ

Apabila kamu telah menyelesaikan manasik (rangkaian ibadah) haji, berzikirlah kepada Allah sebagaimana kamu menyebut-nyebut nenek moyang kamu, bahkan berzikirlah lebih dari itu. Di antara manusia ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia,” sedangkan di akhirat dia tidak memperoleh bagian apa pun.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Bahwa dahulu orang-orang Jahiliyah berdiri (berhenti) pada musim-musim haji, seseorang dari mereka berkata, ‘Dahulu ayahmu memberi makan, memikulkan beban-beban, dan membawa beban diyat, mereka tidak mempunyai dzikir kecuali apa yang mereka dapatkan dari nenek moyang mereka, maka turunlah ayat, ‘Apabila kamu telah menyelesaikan manasik (rangkaian ibadah) haji, berzikirlah kepada Allah.’”

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Mujahid berkata, “Mereka dahulu jika telah menyelesaikan manasik mereka, mereka berdiri di Jamrah dan mengingat masa dahulu mereka ketika Jahiliyah, dan apa yang nenek moyang mereka kerjakan, maka turunlah ayat ini.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Bahwa dahulu suatu kaum dari orang-orang Badui datang ke tempat pemberhentian dan mereka berkata, ‘Ya Allah! Jadikanlah ia tahun hujan, tahun kesuburan, dan tahun kebaikan’ dan mereka tidak mengingat akan perkataan akhirat sedikit pun, maka Allah menurunkan ayat, ‘Di antara manusia ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia,” sedangkan di akhirat dia tidak memperoleh bagian apa pun.’”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 195

Dan datang setelah mereka orang-orang Mukmin dan berkata, “Ya Tuhan kami!. Berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka. Mereka itu adalah orang-orang yang mendapat bagian dari apa yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”[]

 

Sumber: Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi, penerbit Pustaka Al-Kautsar

 

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response