Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 195

Foto: Unsplash
48views

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Berinfaklah di jalan Allah, janganlah jerumuskan dirimu ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari Hudzaifah bahwasanya ia berkata, “ayat ini turun pada permasalahan infaq (nafaqah)”

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan ia men-shahih-kannya, Ibnu HIbban, Al-Hakim, dan yang lainnya dari Abu Ayyub Al-Anshari berkata, “Ayat ini turun pada kita, wahai orang-orang Anshar. Ketika Allah memuliakan Islam dan semakin banyak penolong agama ini, sebagian orang dari kita berkata sembunyi-sembunyi, ‘Sesungguhnya hart akita telah hilang, dan sesungguhnya Allah telah memuliakan Islam, maka jika kita menyimpan hart akita maka kita akan memperbaiki apa yang telah hilang dari kita’. Kemudian Allah menurunkan ayat-Nya untuk membantah apa yang kita katakan, ‘Berinfaklah di jalan Allah, janganlah jerumuskan dirimu ke dalam kebinasaan’. Kebinasaan adalah menjaga harta dan selalu memikirkannya kemudian meninggalkan peperangan.”

Diriwayatkan oleh Ath-Thabarani dengan sanad yang shahih dari Abi Jabirah bin Dhahhak berkata, “Bahwa dahulu kaum Anshar bersedekah dan memberikan makan kepada orang lain hingga mereka tertimpa Sannah dan kemudian mereka tidak lagi ingin mengeluarkan harta mereka. Maka Allah menurunkan ayat-Nya, “… janganlah jerumuskan dirimu ke dalam kebinasaan.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (2) ayat 190 dan 194

Dikeluarkan juga oleh Ath-Thabarani dengan sanad yang shahih dari Nu’man bin Basyir berkata, “Dahulu jika seseorang melakukan dosa, maka ia berkata, ‘Allah tidak akan mengampuniku’ turunlah ayat ‘… janganlah jerumuskan dirimu ke dalam kebinasaan. Dan hadis ini mempunyai penguat dari Al-Bara’ yang diriwayatkan oleh Al-Hakim.[]

 

Sumber: Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi, penerbit Pustaka Al-Kautsar

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response