Historia/Tarikh

Nuzulul Quran: Persitiwa Saat Pertama Kali Diturunkannya Al-Quran

Foto: Unsplash
101views

Peristiwa pertama kali diwahyukannya Al-Quran kepada Nabi Muhammad ﷺ melalui Jibril a.s. lebih dikenal dengan peristiwa Nuzulul Quran.

Tentang sejarah diturunkannya Al-Quran, Imam Ibnu Katsir (wafat 774 H) dalam salah satu karyanya mengatakan bahwa Al-Quran pertama kali diturunkan dari langit dunia kepada Nabi Muhammad ﷺ bertepatan dengan malam Senin tanggal 17 Ramadhan, dan ada juga yang mengatakan tanggal 24 Ramadhan. Ibnu Katsir menyatakan, “Permulaan wahya (diturunkannya Al-Qur’an) kepada Rasulullah Saw. bertepatan dengan hari Senin pada malam ketujuh belas bulan Ramadhan. Dan dikatakan, bertepatan dengan tanggal 24 Ramadhan.” (Ibnu Katsir, Al-Bidayah wan Nihayah).

BACA JUGA: Al-Quran: Kitab Sempurna Pegangan Umat Muslim Seluruh Dunia

Bersandar pada pendapat Imam Ibnu Katsir tersebut, tidaklah salah jika di Indonesia dan negara-negara Muslim lainnya setiap malam tanggal 17 Ramadhan diperingati sebagai malam Nuzulul Quran.

Meskipun demikian, sebagian ulama juga berpendapat bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan bertepatan dengan malam Lailatul Qadar. Pendapat sebagian ulama tersebut sebagaimana disebutkan dalam Surah Al-Qadr (97) ayat 1-3, yang di dalamnya Allah Swt. berfirman:

اِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3)

Artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu? Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan.”

Tentang ayat tersebut, Syaikh Syihabuddin Al-Husaini Al-Alusi dalam salah satu karya tafsirnya menjelaskan bahwa semua itu untuk menunjukkan kemuliaan dan keagungan Al-Quran. Sebab, pada malam tersebut bertepatan dengan diturunkannya Al-Quran yang mulia, melalui malaikat Jibril yang mulia, diberikan kepada Nabi ﷺ yang mulia, serta untuk menghormati umat yang mulia.

Dalam kitabnya, Syaikh Al-Alusi menyebutkan, “(Al-Qur’an) yang memiliki kemuliaan diturunkan pada malam tersebut, melalui malaikat yang memiliki kemuliaan, untuk diberikan kepada rasul yang memiliki kemuliaan, karena umat yang memiliki kemuliaan.” (Ruhul Ma’ani fi Tafsiril Qur’anil Azhim was Sab’il Matsani).

BACA JUGA: Mengenal Istilah Asbabun Nuzul dalam Al-Quran

Sebagai penutup tulisan ini, berikut redaksi tampilkan Surah Al-Baqarah (2) ayat 185 yang di dalamnya juga mencantumkan bahwa peristiwa diturunkannya Al-Quran terjadi pada bulan Ramadhan:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.

BACA JUGA: Makna Bacaan Basmalah

Demikian sejarah Nuzulul Quran yang bisa disampaikan dalam tulisan ini. Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan keistiqamahan untuk terus mencintai Al-Quran. [Firman—dari beberapa sumber]

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response