Asbabul Nuzul

Mengenal Istilah Asbabun Nuzul dalam Al-Quran

foto: unsplash
174views

Persoalan mengenai apakah seluruh ayat Al-Quran memiliki asbabun nuzul atau tidak, ternyata telah menjadi bahan kontroversi di antara para ulama.

Sebagian ulama berpendapat bahwa tidak semua ayat Al-Quran memiliki asbabun nuzul. Oleh sebab itu, ada ayat Al-Quran yang diturunkan tanpa ada yang melatarbelakanginya (ibtida’), dan sebagian lainnuya diturunkan dengan dilatarbelakamgi oleh sesuatu peristiwa (ghair ibtida’). Pendapat tersebut hampir menjadi kesepakatan para ulama.

Macam-Macam Asbabun Nuzul

Masih dalam artikel yang ditulis Pan Suaidi, terdapat dua macam asbabun nuzul, yaitu:

1. Ta’addud Al-Asbab Wa Al-Nazil Wahid, yakni beberapa sebab yang hanya melatarbelakangi turunnya satu ayat/wahyu.

BACA JUGA:  Fenomena Daun Menguning dalam Al-Quran

2. Ta’adud an-nazil wa al-asbab wahid, yakni satu sebab yang melatarbelakangi turunnya beberapa ayat.

Arti Penting Asbabun Nuzul

Asbab an-nuzul mempunyai arti penting dalan menafsirkan Al-Quran. Seseorang tidak akan mencapai pengertian yang baik jika tidak memahami riwayat asbab an-nuzul suatu ayat. Selain itu, asbabun nuzul pun merupakan salah satu jalan yang baik dalam rangka memahami Al-Quran. Selanjutnya, pemahaman asbab an-nuzul akan sangat membantu dalam memahami konteks turunnya ayat. Ini sangat penting untuk menerapkan ayat-ayat pada kasus dan kesempatan yang berbeda. Peluang terjadinya kekeliruan akan semakin besar jika mengabaikan riwayat asbab an-nuzul.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa dalam kaitannya dengan kajian ilmu syariah, dapat ditegaskan bahwa pengetahuan tentang asbab an-nuzul berfungsi antara lain:

1. Mengetahui hikmah dan rahasia diundangkannya suatu hukum dan perhatian syara tehadap kepentingan umum, tanpa membedakan etnik, jenis kelamin dan agama.

2. Mengetahui asbab an-nuzul membantu memberikan kejelasan terhadap beberapa ayat.

BACA JUGA: Al-Quran: Kitab Sempurna Pegangan Umat Muslim Seluruh Dunia

3. Pengetahuan asbab an-nuzul dapat mengkhususkan (takhsis) hukum terbatas pada sebab, terutama ulama yang menganut kaidah (khusus as-sabab) sebab khusus.

4. Yang paling penting ialah asbab an-nuzul dapat membantu memahami apakah suatu ayat berlaku umum atau berlaku khusus, selanjutnya dalam hal apa ayat itu diterapkan

5. Pengetahuan tentang asbab an-nuzul akan mempermudah orang yang menghafal ayat-ayat Al-Quran serta            memperkuat keberadaan wahyu dalam ingatan yang mendengarnya jika mengetahui sebab turunnya. []

Sumber: yang berjudul Asbabun Nuzul: Pengertian, Macam-Macam, Redaksi dan Urgensi dan dimuat di Jurnal Almufida Vol. 1 No. 1 Juli – Desember 2016 halaman 110-122 oleh Pan Suaidi [Firmansyah]

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response