Ibrah

Mengenal Luqman Al-Hakim dan Nasihat-Nasihat Penuh Hikmah

Foto: Pixabay
92views

Pembaca budiman, ada sosok seseorang yang bukan nabi tetapi namanya diabadikan oleh Allah Swt. sebagai salah satu nama surah dalam Al-Quran. Sosok tersebut tak lain adalah Luqman al-Hakim. Tentu saja, tak serta merta namanya dituliskan sebagai salah satu nama surah (yakni surah ke-31) jika tak ada yang istimewa dari sosok ini. Lantas, siapa sebenarnya Luqman Al-Hakim itu?

Mayoritas ulama berpendapat bahwa Luqman hanyalah seorang ahli hikmah karena dalam Al-Quran disebutkan bahwa Allah memberikan hikmah kepadanya. Hal ini sebagaimana tercantum dalam  Surah Luqman (31) ayat 12 yang berbuniyi, “Sungguh, Kami benar-benar telah memberikan hikmah kepada Luqman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah!…”

Ibnu Katsir dalam Bidayah wa an-Nihayah dan Tafsir Ibnu Katsir berpendapat bahwa nama panjang Luqman adalah  Luqman bin Unaqa bin Sadun, sedangkan anaknya bernama Taran. Sementara itu, Syauqi Abu Khalil dalam kitabnya Athlas al-Qur’an menyebutkan bahwa Luqman adalah putra saudara perempuan Ayyub atau putra bibinya. Namun, ada juga yang berpendapat Luqman hidup hingga Nabi Daud a.s. diutus menjadi seorang rasul.

BACA JUGA: Anak yang Buta dan Cikal Bakal Penghafal Hadis Ternama

Selanjutnya, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa mayoritas ulama berpendapat Luqman adalah seorang hamba Allah yang saleh tanpa menerima kenabian. Sementara itu, Jabir bin Abdullah mengidentifikasi sebagai sosok yang Luqman memiliki tubuh yang sangat pendek dan hidungnya tidak mancung. Adapun Ibnu Jarir berpendapat bahwa Luqman adalah seorang hamba sahaya yang dipekerjakan sebagai tukang kayu dan berasal dari Habsyi. Pendapat Ibnu Jarir diperkuat oleh Ibnu Abbas r.a.  yang menyebutkan bahwa Luqman adalah seorang tukang kayu yang berasal dari Habsyi.

Terlepas dari latar belakang Luqman, nasihat-nasihat yang Luqman berikan kepada anaknya terabadikan sebagai pengingat ataupun penyeru bagi kita semua selaku umat Rasulullah Saw. Berikut nasihat-nasihat Luqman yang penuh hikmah:

(Ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, saat dia menasihatinya, “Wahai anakku, janganlah mempersekutukan Allah! Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) itu benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman [31]: 13)

BACA JUGA: Al-Quran: Kitab Sempurna Pegangan Umat Muslim Seluruh Dunia

(Luqman berkata,) “Wahai anakku, sesungguhnya jika ada (suatu perbuatan) seberat biji sawi dan berada dalam batu, di langit, atau di bumi, niscaya Allah akan menghadirkannya (untuk diberi balasan). Sesungguhnya Allah Mahalembut lagi Mahateliti. (QS. Luqman [31]: 16)

Wahai anakku, tegakkanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar serta bersabarlah terhadap apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang (harus) diutamakan. (QS. Luqman [31]: 17)

Janganlah memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri. (QS. Luqman [31]: 18)

Berlakulah wajar dalam berjalan dan lembutkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (QS. Luqman [31]: 18)

BACA JUGA: Makna Bacaan Basmalah

Demikianlah sosok Luqman al-Hakim dan nasihat-nasihat penuh hikmah yang Allah abadikan dalam Al-Quran. Semoga kita semua mendapat hikmah darinya.[Firmansyah–dari beberapa sumber]

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response