Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah An-Nisa (4) ayat 49, 51, 52, 53, dan 54

Foto: Unsplash
26views

Surah An-Nisa (4) ayat 49

اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ يُزَكُّوْنَ اَنْفُسَهُمْ ۗ بَلِ اللّٰهُ يُزَكِّيْ مَنْ يَّشَاۤءُ وَلَا يُظْلَمُوْنَ فَتِيْلًا

Apakah kamu tidak memerhatikan orang yang menganggap dirinya bersih? Sebenarnya Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya dan mereka tidak aniaya sedikit pun.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, “Dahulu orang-orang Yahudi memerintahkan kepada anak mereka untuk maju memimpin shalat mereka dan juga mempersembahkan kurban-kurban mereka, dan mereka menyakini bahwa anak-anak mereka tidak mempunyai kesalahan dan dosa. Maka, turunlah firman Allah, ‘Apakah kamu tidak memerhatikan orang yang menganggap dirinya bersih?’”

Dan diriwayatkan oleh Ibnu Jarir hadis seperti ini dari Ikrimah, Mujahid, Abi Malik, dan selain mereka.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah An-Nisa (4) Ayat 44, 47, dan 48

Surah An-Nisa (4) ayat 51, 52, 53, dan 54

اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ اُوْتُوْا نَصِيْبًا مِّنَ الْكِتٰبِ يُؤْمِنُوْنَ بِالْجِبْتِ وَالطَّاغُوْتِ وَيَقُوْلُوْنَ لِلَّذِيْنَ كَفَرُوْا هٰٓؤُلَاۤءِ اَهْدٰى مِنَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا سَبِيْلًا (51) اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ لَعَنَهُمُ اللّٰهُ ۗوَمَنْ يَّلْعَنِ اللّٰهُ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ نَصِيْرًا (52) اَمْ لَهُمْ نَصِيْبٌ مِّنَ الْمُلْكِ فَاِذًا لَّا يُؤْتُوْنَ النَّاسَ نَقِيْرًاۙ (53) اَمْ يَحْسُدُوْنَ النَّاسَ عَلٰى مَآ اٰتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۚ فَقَدْ اٰتَيْنَآ اٰلَ اِبْرٰهِيْمَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَاٰتَيْنٰهُمْ مُّلْكًا عَظِيْمًا (54)

Apakah kamu tidak memerhatikan orang-orang yang diberi bagian dari Alkitab? Mereka percaya kepada Jibt dan Thaghut dan mengatakan kepada orang-orang kafir (musyrik Mekkah) bahwa mereka itu lebih benar jalannya daripada orang-orang yang beriman. Mereka itulah orang-orang yang dikutuk di Allah. Barang siapa yang dikutuki Allah, niscaya kamu sekali-kali tidak akan memperoleh penolong baginya. Ataukah ada bagi mereka bagian dari kerajaan (kekuasaan)? Kendati pun ada, mereka tidak akan memberikan sedikit pun (kebajikan) kepada manusia. Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? Sesungguhnya Kami telah memberikan kitab dan hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Hibban dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, “Ketika Ka’ab bin Asyraf datang ke kota Mekkah, orang-orang Quraisy berkata, ‘Apakah kamu tidak melihat orang itu yang bertahan terpisah dari kaumnya merasa bahwa ia adalah orang yang lebih baik daripada kita, padahal kita adalah orang-orang yang selalu menunaikan haji, para pengabdi dan pemberi minum orang-orang yang menunaikan haji?’ Ka’ab bin Asyraf berkata kepada mereka, ‘Iya, kalian lebih baik daripadanya.’ Maka, turunlah firman Allah kepada mereka, ‘Sesungguhnya, orang-orang yang membenci kamu, dia-lah yang terputus‘, dan juga turun firman Allah, ‘Apakah kamu tidak memerhatikan orang-orang yang diberi bagian dari Alkitab?‘ hingga firman-Nya, ‘tidak akan memperoleh penolong baginya.'”

Diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, “Bahwa orang-orang yang menggalang kekuatan golongan untuk memerangi Nabi Muhammad, mereka di antaranya dari kaum Quraisy, Ghathafan, Bani Quraizhah adalah Huyay bin Akhtab, Salam bin Abi Al-Huqaiq, Abu Rafi’, Rabi’ bin Abi Al-Huqaiq, Abu Amir, dan Haudzah bin Qais, mereka semua dari Bani Nadhir, ketika mereka mendatangi orang-orang Quraisy, orang-orang Quraisy berkata, ‘Mereka adalah pendeta-pendeta Yahudi yang mereka sangat mengetahui kitab-kitab pertama yang diturunkan, maka bertanyalah kepada mereka apakah agama kalian lebih baik daripada agama Muhammad?’ Maka, orang-orang Quraisy bertanya kepada mereka dan orang-orang tersebut menjawab, ‘Pastilah agama kalian lebih baik daripada agama Muhammad dan kalian lebih benar jalannya daripadanya (Muhammad) dan siapa saja yang mengikutinya.’ Allah menurunkan firman-Nya, ‘Apakah kamu tidak memerhatikan orang-orang yang diberi bagian dari Alkitab?’ hingga firman-Nya, ‘Dan Kami telah memberikannya kerajaan yang besar.'”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah An-Nisa (4) Ayat 37 dan 43

Dan diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari jalur Al-Aufi dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, “Orang-orang Yahudi dan Nasrani berkata, ‘Muhammad merasa bahwa apa yang diberikan kepadanya adalah karena ketawadhuannya, sedangkan ia memiliki sembilan istri dan keinginannya hanyalah menikah saja. Maka, raja manakah yang lebih utama daripadanya?’ maka turunlah firman Allah, ‘Apakah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya?‘”

Dan diriwayatkan oleh Ibnu Sa’ad dari Umar maula Afrah yang isinya lebih ringkas daripada hadis ini.

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response