Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Ali-Imran (3) Ayat 181 dan 186  

Foto: Unsplash
60views

Surah Ali Imran (3) Ayat 181

لَقَدْ سَمِعَ اللّٰهُ قَوْلَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ فَقِيْرٌ وَّنَحْنُ اَغْنِيَاۤءُ ۘ سَنَكْتُبُ مَا قَالُوْا وَقَتْلَهُمُ الْاَنْۢبِيَاۤءَ بِغَيْرِ حَقٍّۙ وَّنَقُوْلُ ذُوْقُوْا عَذَابَ الْحَرِيْقِ

Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya Allah miskin dan kami kaya.” Kami akan mencatat perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar, dan Kami akan mengatakan (kepada mereka), “Rasakan olehmu azab yang membakar.”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq dan Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas berkata, “Abu Bakar masuk ke dalam Baitul Madaris, di dalamnya ia mendapatkan orang-orang Yahudi sedang berkumpul kepada seorang Yahudi yang bernama Fanhas, kemudian ia berkata kepada Abu Bakar, ‘Wahai Abu Bakar, sesungguhnya kami tidak ada yang miskin dan Allah itu miskin. Jika saja Allah itu kaya (tidak membutuhkan kami), maka ia tidak akan meminta pinjaman seperti apa yang diyakini oleh sahabatmu (Muhammad).’ Mendengar perkataan tersebut, Abu Bakar sangat marah dan langsung menampar wajahnya.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Ali Imran (3) Ayat 172

Kemudian Fanhas pergi menuju Rasulullah ﷺ dan berkata kepada beliau, ‘Wahai Muhammad, lihat apa yang telah dilakukan oleh sahabatmu ini kepadaku.’ kemudian Rasulullah bersabda, ‘Wahai Abu Bakar apa yang mendorongmu untuk melakukan ini?’ Abu Bakar menjawab, ‘Wahai Rasulullah, ia telah mengucapkan kata-kata yang sangat keji. Ia meyakini bahwa Allah itu miskin dan mereka adalah orang-orang kaya,’ tetapi Fanhas tidak mengakuinya. Maka, turunlah firman Allah, ‘Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya Allah miskin dan kami kaya.” Kami akan mencatat perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar, dan Kami akan mengatakan (kepada mereka), “Rasakan olehmu azab yang membakar.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas berkata, “Orang-orang Yahudi datang menemui Rasulullah ﷺ ketika turun firman Allah, ‘Siapakah yang ingin memberi pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah)…’ Mereka berkata, ‘Wahai Muhammad, apakah Tuhanmu itu miskin hingga ia harus meminta kepada hambaNya?’ Maka, turunlah firman Allah, ‘Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya Allah miskin dan kami kaya.” Kami akan mencatat perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar, dan Kami akan mengatakan (kepada mereka), “Rasakan olehmu azab yang membakar.

Surah Ali-Imran (3) Ayat 186

لَتُبْلَوُنَّ فِيْٓ اَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْۗ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْٓا اَذًى كَثِيْرًا ۗ وَاِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا فَاِنَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Ibnul Mundzir—dengan sanad yang Hasan—dari Ibnu Abbas, bahwasanya ayat ini turun pada pertikaian yang terjadi antara Abu Bakar dan Fanhas dari firman-Nya, “Sesungguhnya Allah miskin…”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Ali-Imran (3) Ayat 165 dan 169

Abdurrazzak menyebutkan dari Ma’mar dari Az-Zuhri dari Abdurrahman bin Ka’ab bin Malik, bahwasanya ayat ini turun pada Ka’ab bin Asyraf yang menghina Nabi ﷺ dan para sahabatnya dengan syairnya.[]

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response