Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Ali-Imran (3) Ayat 118 dan 121

Foto: Unsplash
40views

Surah Al-Imran Ayat 118

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا بِطَانَةً مِّنْ دُوْنِكُمْ لَا يَأْلُوْنَكُمْ خَبَالًاۗ وَدُّوْا مَا عَنِتُّمْۚ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاۤءُ مِنْ اَفْوَاهِهِمْۖ وَمَا تُخْفِيْ صُدُوْرُهُمْ اَكْبَرُ ۗ قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ الْاٰيٰتِ اِنْ كُنْتُمْ تَعْقِلُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil teman kepercayaan dari orang-orang di luar kalangan (agama)-mu (karena) mereka tidak henti-hentinya (mendatangkan) kemudaratan bagimu. Mereka menginginkan apa yang menyusahkanmu. Sungguh, telah nyata kebencian dari mulut mereka dan apa yang mereka sembunyikan dalam hati lebih besar. Sungguh, Kami telah menerangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu berpikir.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Ishaq dari Ibnu Abbas berkata, “Bahwa dahulu beberapa orang Mukmin menjalin hubungan baik dengan orang-orang Yahudi karena mereka hidup berdampingan dan memiliki perjanjian pada waktu jahiliyah, maka Allah menurunkan kepada mereka ayat ini dan melarang mereka untuk menjadikan orang-orang Yahudi tersebut teman kepercayaan mereka untuk menghindari fitnah yang mereka timbulkan. “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil teman kepercayaan dari orang-orang di luar kalangan (agama)-mu (karena) mereka tidak henti-hentinya (mendatangkan) kemudaratan bagimu. Mereka menginginkan apa yang menyusahkanmu. Sungguh, telah nyata kebencian dari mulut mereka dan apa yang mereka sembunyikan dalam hati lebih besar. Sungguh, Kami telah menerangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu berpikir.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Ali-Imran (3) Ayat 100 dan 113 

Surah Ali Imran ayat 121

وَاِذْ غَدَوْتَ مِنْ اَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِيْنَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ ۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌۙ

(Ingatlah) ketika engkau (Nabi Muhammad) berangkat pada pagi hari meninggalkan keluargamu untuk mengatur orang-orang Mukmin pada pos-pos pertempuran. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Abu Ya’la dari Mahsur bin Makhramah berkata, aku berkata kepada Abdurrahman bin Auf, “Ceritakan kepadaku tentang kisah kalian pada Perang Uhud.” Ia berkata, “Bacalah ayat setelah ayat 120 dari surah Ali-Imran maka engkau akan mengetahui kisah kami. “(Ingatlah) ketika engkau (Nabi Muhammad) berangkat pada pagi hari meninggalkan keluargamu untuk mengatur orang-orang Mukmin pada pos-pos pertempuran. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” hingga firman Allah, “ketika dua golongan dari padamu ingin mundur karena takut”.

Ia berkata, “Mereka adalah orang-orang yang meminta keamanan dari orang-orang Musyrik,” hingga firman Allah, “Sesungguhnya kamu mengharapkan mati (syahid) sebelum kamu menghadapinya (sekarang) sungguh kamu telah melihatnya.” Ia berkata, “Ini adalah harapan orang-orang Mukmin untuk bertemu dengan para musuh,” hingga firman-Nya, “Apakah jika ia wafat atau dibunuh kamu balik ke belakang (murtad)?” Ia berkata, “Itu adalah teriakan setan ketika Perang Uhud, Muhammad telah mati,” hingga firman Allah, “Keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan daripada kamu.” Ia berkata, “Dijadikan mereka merasa kantuk.”

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdullah berkata, “Ayat ‘ketika dua golongan dari padamu ingin (mundur) karena takut,’ turun pada kami, Bani Salamah dan Bani Haritsah.”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Ali-Imran (3) Ayat 86 dan 97

Dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Al-Mushannaf dan Ibnu Abi Hatim dari Asy-Sya’bii berkata, terdengar oleh kaum Muslimin pada Perang Badar bahwasanya Kurz bin Jabir Al-Muharibi membantu orang-orang musyrikin, maka kaum muslimin merasa kacau setelah mendengar kabar ini. Maka turunlah firman Allah, “Apakah tidak cukup bagi kamu Allah membantu kamu?” hingga firman Allah yang memakai tanda. Kemudian, chord mendengar berita kekalahan orang-orang musyrik pada Perang Badar maka ia tidak membantu mereka dan begitu juga Allah tidak membantu orang-orang Mukmin dengan 5000 malaikat.[]

 

SUMBER: ASBABUN NUZUL

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response