Uncategorized

Allah Berikan Kenikmatan Luar Biasa kepada Orang Quraisy

Foto: Pixabay
41views

Allah subhanahu wata’ala berfirman:

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ

yang telah memberikan makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan. (QS. Al-Quraisy [106]: 4)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah memberikan kenikmatan luar biasa kepada orang-orang Quraisy. Orang-orang Quraisy tidak pernah kelaparan di kota Mekkah padahal kota Mekkah tandus dan kering karena tidak ada tumbuhan, sungai, atau lautan. Namun, orang-orang Quraisy tidak pernah kelaparan. Selain itu, mereka juga tidak ditimpa ketakutan akan diganggu orang lain karena setiap orang menghormati Mekkah. Oleh sebab itu, siapa pun yang memasuki kota Mekkah akan merasa aman.

BACA JUGA: Pembahasan Silsilah Rasulullah dalam Surah Al-Quraisy (106) Ayat 1

Sesungguhnya keamanan merupakan kenikmatan tersendiri. Bahkan, orang yang memiliki harta tetapi tidak aman, ia tidak akan dapat hidup dengan tenteram. Seseorang dikatakan tenteram jika kebutuhan duniawinya dan rasa aman terpenuhi. Oleh sebab itu, benarlah sabda Nabi ﷺ: ‘Barang siapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan sehat badannya, aman pada keluarganya, dan Ia memiliki makanan pokoknya pada hari itu, seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya.”

Inilah hakikat ketenteraman. Sebuah negara yang tidak punya rasa aman di dalamnya akan menjadi kacau karena semua orang akan berani bertindak sesuka hatinya, main hakim sendiri, dan pemerintah pun tidak akan dihargai lagi.

Pada intinya, Surah Al-Quraisy memberikan pelajaran yaitu apabila seseorang diberikan kenikmatan dan kemudahan oleh Allah, ia hendaknya bersyukur kepada-Nya. Hal ini seperti pernyataan Allah kepada orang kafir Quraisy bahwa mereka diberikan keamanan, kemudahan, dan rezeki sehingga Allah memerintahkan mereka untuk menyembah-Nya semata.[]

 

SUMBER: TAFSIR JUZ AMMA

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response