Kisah Al-Quran

Kisah Nabi Nuh a.s. dalam Al-Quran

foto: unsplash
63views

Nabi Nuh dikenal dengan nabi yang pertama membuat kapal yang sangat besar. Kisah tentang Nabi secara gamblang  disebutkan di beberapa surah dalam Al-Quran.

Dalam Surah Al-Anbiya’ (21) ayat 76 dan 77, Allah Swt. berfirman:

(Ingatlah) Nuh ketika dia berdoa sebelum itu. Kami memperkenankan (doa)-nya dan Kami menyelamatkannya bersama pengikutnya dari bencana yang besar. (76)

Kami menolongnya dari orang-orang yang telah mendustakan ayat-ayat Kami. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang jahat, maka Kami tenggelamkan mereka semuanya. (77)

Sementara itu, dalam Surah Al-Mu’minun (23) ayat 23-30Allah Swt. berfirman:

Sungguh, Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya. Lalu, dia berkata, “Wahai kaumku, sembahlah Allah, tidak ada Tuhan bagimu selain Dia. Apakah kamu tidak bertakwa?” (23)

Maka, para pemuka orang-orang yang kufur dari kaumnya berkata, “Orang ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu. Dia ingin menjadi orang yang lebih mulia daripada kamu. Seandainya Allah berkehendak, tentu Dia akan mengutus malaikat. Belum pernah kami dengar (seruan seperti) ini pada (masa) nenek moyang kami dahulu. (24)

Dia hanyalah seorang laki-laki yang gila. Tunggulah dia sampai waktu yang ditentukan.” (25)

Dia (Nuh) berdoa, “Ya Tuhanku, tolonglah aku karena mereka telah mendustakanku.” (26)

Kami wahyukan kepadanya, “Buatlah kapal dengan pengawasan dan petunjuk Kami. Apabila perintah Kami telah datang dan tungku (dapur) telah memancarkan air, masukkanlah ke dalam (kapal) itu sepasang-sepasang dari setiap jenis (binatang), juga keluargamu, kecuali orang yang lebih dahulu ditetapkan (akan ditimpa siksaan) di antara mereka. Janganlah engkau bicarakan dengan-Ku tentang orang-orang yang zalim. Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan. (27)

Apabila engkau dan orang yang bersamamu telah berada di atas kapal, ucapkanlah, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari kaum yang zalim.’ (28)

Berdoalah, ‘Wahai Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat.’” (29)

Sesungguhnya pada (kejadian) itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah). Sesungguhnya Kami benar-benar menimpakan cobaan (kepada kaum Nuh itu). (30)

BACA JUGA: Kisah Nabi Daud dan Dua Orang yang Memanjat Mihrab

Kisah Nabi Nuh a.s. yang paling lengkap dapat disimak dalam surah yang dinamakan dengan namanya yakni surah Nuh (surah ke-71). Berikut kisah lengkap Nabi Nuh a.s. sebagaimana terdapat dalam Surah Nuh (71) ayat 1-28.

Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya (dengan perintah), “Berilah peringatan kepada kaummu sebelum datang azab yang pedih kepadanya!” (1)

Dia (Nuh) berkata, “Wahai kaumku, sesungguhnya aku ini adalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan kepadamu, (2)

(yaitu) sembahlah Allah, bertakwalah kepada-Nya, dan taatlah kepadaku,(3)

niscaya Dia akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkanmu (memanjangkan umurmu) sampai pada batas waktu yang ditentukan. Sesungguhnya ketetapan Allah itu, apabila telah datang, tidak dapat ditunda. Seandainya kamu mengetahui(-nya).” (4)

Dia (Nuh) berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menyeru kaumku siang dan malam, (5)

tetapi seruanku itu tidak menambah (iman) mereka, melainkan mereka (makin) lari (dari kebenaran). (6)

Sesungguhnya setiap kali aku menyeru mereka (untuk beriman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jarinya ke telinganya dan menutupkan bajunya (ke wajahnya). Mereka pun tetap (mengingkari) dan sangat menyombongkan diri. (7)

Kemudian, sesungguhnya aku menyeru mereka dengan cara terang-terangan. (8)

Lalu, aku menyeru mereka secara terbuka dan diam-diam. (9)

Lalu, aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun. (10)

BACA JUGA: Kisah Nabi Musa dan Seorang Lelaki yang Tertolak Doanya

(Jika kamu memohon ampun,) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, (11)

memperbanyak harta dan anak-anakmu, serta mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu.” (12)

Mengapa kamu tidak takut akan kebesaran Allah? (13)

Padahal, sungguh, Dia telah menciptakanmu dalam beberapa tahapan (penciptaan). (14)

Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis? (15)

Di sana Dia menjadikan bulan bercahaya dan matahari sebagai pelita (yang cemerlang). (16)

Allah benar-benar menciptakanmu dari tanah. (17)

Kemudian, dia akan mengembalikanmu ke dalamnya (tanah) dan mengeluarkanmu (pada Hari Kiamat) dengan pasti. (18)

Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan (19)

agar kamu dapat pergi dengan leluasa di jalan-jalan yang luas. (20)

Nuh berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka durhaka kepadaku dan mengikuti orang-orang yang harta dan anak-anaknya hanya menambah kerugian baginya. (21)

BACA JUGA: Kisah Nabi Idris: Seorang Nabi Penjahit

Mereka pun melakukan tipu daya yang sangat besar. (22)

Mereka berkata, ‘Jangan sekali-kali kamu meninggalkan tuhan-tuhanmu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan Wadd, Suwā‘, Yagūṡ, Ya‘ūq, dan Nasr.’ (23)

Sungguh, mereka telah menyesatkan banyak orang. Janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang zalim itu selain kesesatan.” (24)

Disebabkan kesalahan-kesalahan mereka, mereka ditenggelamkan, lalu dimasukkan ke neraka. Mereka tidak mendapat penolong selain Allah. (25)

Nuh berkata, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi. (26)

Sesungguhnya jika Engkau biarkan mereka tinggal, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hamba-Mu. Mereka pun hanya akan melahirkan anak-anak yang jahat dan tidak tahu bersyukur. (27)

Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang zalim itu selain kehancuran.” (28)

BACA JUGA: Kisah Adam dalam Al-Quran

Demikianlah kisah tentang Nabi Nuh a.s., manusia pertama yang Allah perintahkan untuk membuat perahu. Semoga bermanfaat. []

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response