Kisah Al-Quran

Kisah Nabi Idris: Seorang Nabi Penjahit

Foto: Unsplash
54views

Nabi Idris adalah keturunan keenam dari Nabi Adam yang lahir di Mesir. Nama asli Nabi Idris adalah Khanukh, sementara itu guru utama Nabi Idris adalah Syis. Nabi Idris adalah nabi yang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Beliau adalah manusia pertama yang berhasil menjinakkan kuda dan menjadikannya sebagai tunggangan. Nabi Idris menjinakkan kuda untuk membantunya dalam berbagai kegiatan terutama mengangkat barang

Nabi Idris a.s. termasuk nabi yang kisahnya sedikit disebutkan dalam Al Qur’an . Al Quran hanya menyebutnya dua kali, yaitu di Surah Maryam (19) ayat 56–57 dan Surah Al-Anbiya’ (21) ayat 85–86. Dalam Surah Maryam ayat 56-57, Allah Swt. berfirman:

وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ اِدْرِيْسَۖ اِنَّهٗ كَانَ صِدِّيْقًا نَّبِيًّا ۙ

وَّرَفَعْنٰهُ مَكَانًا عَلِيًّا

Artinya: Ceritakanlah (Nabi Muhammad kisah) Idris di dalam Kitab (Al-Qur’an). Sesungguhnya dia adalah orang yang sangat benar dan membenarkan lagi seorang nabi. Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.

Dalam dua ayat tersebut, nabi Idris digambarkan sebagai orang yang sangat benar dan membenarkan lagi seorang nabi sehingga Allah telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.

BACA JUGA: Kisah Adam dalam Al-Quran

Sementara itu, dalam Surah Al-Anbiya’ ayat 85-86, Allah Swt. berfirman:

وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِدْرِيْسَ وَذَا الْكِفْلِۗ كُلٌّ مِّنَ الصّٰبِرِيْنَ ۙ

وَاَدْخَلْنٰهُمْ فِيْ رَحْمَتِنَاۗ اِنَّهُمْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ

Artinya: (Ingatlah pula) Ismail, Idris, dan Zulkifli. Mereka semua termasuk orang-orang sabar. Kami memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang saleh.

Dalam dua ayat tersebut, nama nabi Idris disertakan bersama nabi Ismail dan Zulkifli.  Ketiganya termasuk orang yang sabar dan saleh sehingga dimasukkan ke dalam rahmat Allah.

BACA LAGI: Kisah Maryam dalam Al-Quran

Meskipun hanya disebutkan dua kali dalam Al-Quran, Nabi Idris terkenal karena kesabaran dan kesalehannya. Selain itu, melalui interpretasi makna nama Idris (yang berarti orang yang gemar belajar) dan kisah hidupnya (yakni sesudah Nabi Adam a.s. dan sebelum Nabi Nuh a.s.), para ulama menyimpulkan bahwa Nabi Idris a.s. merupakan penemu teknologi awal.

Nabi Idris a.s. adalah orang pertama yang mengenalkan tulisan serta membuat baju dengan benang. Dalam  kitab tafsirnya, Ibnu Katsir mengutip riwayat dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Idris adalah seorang penjahit. Nabi Idris a.s. pun menjadi manusia pertama yang mempelajari astronomi dan matematika. Wallahu a’alam.[]

BACA JUGA: Kisah Dzulqarnain dalam Al-Quran

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response