Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 80 dan 89

Foto: Unsplash
64views

وَقَالُوْا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ اِلَّآ اَيَّامًا مَّعْدُوْدَةً ۗ قُلْ اَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللّٰهِ عَهْدًا فَلَنْ يُّخْلِفَ اللّٰهُ عَهْدَهٗٓ اَمْ تَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

Artinya: Mereka berkata, “Neraka tidak akan menyentuh kami, kecuali beberapa hari saja.” Katakanlah, “Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan mengingkari janji-Nya ataukah kamu berkata tentang Allah sesuatu yang tidak kamu ketahui?”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani di dalam Al-Kabir, Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim dari jalur Ibnu Ishaq, dari Muhammad bin Abi Muhammad, dari Ikrimah atau Sa’ib bin Jubair dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Ketika Nabi Saw. tiba di kota Madinah dan orang-orang Yahudi berkata, ‘Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanya selama tujuh ribu tahun, Adapun manusia, mereka akan ditimpa azab untuk setiap seribu tahun dari kehidupan dunia hanya satu hari di neraka dari perhitungan hari akhirat. Maka itu hanya tujuh hari, kemudian azab dihentikan. Maka Allah menurunkan ayat, ‘Mereka berkata, “Neraka tidak akan menyentuh kami, kecuali beberapa hari saja.” hingga firman-Nya, ‘mereka kekal di dalamnya’”.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari jalur Adh-Dhahhak, dari Ibnu Abbas r.a. bahwasanya orang-orang Yahudi berkata, “Kami tidak akan masuk ke dalam neraka kecuali hanya sebentar, hari-hari di mana kami menyembah anak sapi hanya empat puluh malam, maka jika berlalu empat puluh hari, maka azab akan berhenti,” maka ayat ini turun.

Dan dikeluarkan juga dari Ikrimah dan selainnya.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 76 dan 79

Ayat 89

وَلَمَّا جَاۤءَهُمْ كِتٰبٌ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُصَدِّقٌ لِّمَا مَعَهُمْۙ وَكَانُوْا مِنْ قَبْلُ يَسْتَفْتِحُوْنَ عَلَى الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۚ فَلَمَّا جَاۤءَهُمْ مَّا عَرَفُوْا كَفَرُوْا بِهٖ ۖ فَلَعْنَةُ اللّٰهِ عَلَى الْكٰفِرِيْنَ

Artinya: Setelah sampai kepada mereka Kitab (Al-Qur’an) dari Allah yang membenarkan apa yang ada pada mereka, sedangkan sebelumnya mereka memohon kemenangan atas orang-orang kafir, ternyata setelah sampai kepada mereka apa yang telah mereka ketahui itu, mereka mengingkarinya. Maka, laknat Allah-lah terhadap orang-orang yang ingkar.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Al-Hakim di dalam kitabnya Al-Mustadrak, dan Al-Baihaqi di dalam Dalail An-Nubuwwah dengan sanad yang lemah, dari Ibnu Abbas r.a. bahwasanya ia berkata, “Adalah Yahudi Khaibar memerangi Bani Gathafan, maka setiap kali dua kelompok ini bertemu, orang-orang Yahudi kalah. Maka orang-orang Yahudi meminta perlindungan dengan memanjatkan doa, ‘Ya Allah! Kami memohon kepada-Mu dengan kebenaran Muhammad seorang Nabi yang Ummi’ yang Engkau janjikan untuk Engkau utus kepada kami pada akhir zaman, berikanlah kemenangan kepada kami atas mereka.’ Maka setiap mereka ketemu Bani Gathafan, mereka mendapatkan kemenangan. Akan tetapi, ketika Nabi Muhammad Saw. diutus oleh Allah Swt., mereka mengingkarinya. Maka Allah menurunkan ayat, “sedangkan sebelumnya mereka memohon kemenangan atas orang-orang kafir…”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayah 44 dan 62

Dikeluarkan Ibnu Hatim dari jalur Sa’id bin Ikrimah dari Ibnu Abbas r.a. bahwasanya orang-orang Yahudi memohon kemenangan atas Bani Aus dan Al-Khazraj kepada Allah dengan kedatangan Rasulullah sebelum beliau diutus. Dan, ketika Allah mengutusnya, mereka mengingkari Rasulullah dan mengingkari perkataan mereka sendiri tentang Rasulullah. Maka, Mu’adz bin Jabal, Bisy Al-Bara’, dan Dawud bin Salamah berkata kepada mereka, “Wahai orang-orang Yahudi! Bertakwalah kepada Allah dan berserah dirilah kalian. Sesungguhnya kalian dahulu meminta pertolonagn kepada Allah dengan Muhammad atas kami dan waktu itu kamu masih dalam kemusyrikan, dan kalian menceritakan kepada kami bahwasanya beliau akan diutus dan kalian menyebutkan ciri-cirinya.

Salam bin Misykam—salah seorang dari Bani Nadhir—berkata, “Sesungguhnya dia tidak datang dengan sesuatu yang kami ketahui dan juga dia bukanlah seseorang yang kami sebutkan ciri-cirinya kepada kalian.” Maka Allah menurunkan firman-Nya, “Setelah sampai kepada mereka Kitab (Al-Qur’an) dari Allah yang membenarkan apa yang ada pada mereka, sedangkan sebelumnya mereka memohon kemenangan atas orang-orang kafir, ternyata setelah sampai kepada mereka apa yang telah mereka ketahui itu, mereka mengingkarinya. Maka, laknat Allah-lah terhadap orang-orang yang ingkar.”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 26

 

Sumber: Asbabun Nuzul: Sebab Turunnya Ayat-Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi, Penerbit Pustaka Al-Kautsar

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response