Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 26

Foto: unsplash
58views

۞ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَسْتَحْيٖٓ اَنْ يَّضْرِبَ مَثَلًا مَّا بَعُوْضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۗ فَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا فَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۚ وَاَمَّا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَيَقُوْلُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهٖ كَثِيْرًا وَّيَهْدِيْ بِهٖ كَثِيْرًا ۗ وَمَا يُضِلُّ بِهٖٓ اِلَّا الْفٰسِقِيْنَۙ

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil daripada itu. Adapun orang-orang yang beriman mengetahui bahwa itu kebenaran dari Tuhannya. Akan tetapi, orang-orang kafir berkata, “Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?” Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang disesatkan-Nya. Dengan itu pula banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Namun, tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu, selain orang-orang fasik.”

Sebab Turunnya Ayat

 Diriwayatkan dari Ibnu Jarir dari As-Suddi dengan sanad-sanadnya: Ketika Allah memberikan dua permisalan ini untuk orang-orang munafik, yakni firman-Nya,”Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api” dan firman-Nya, “Atau seperti (orang-orang ditimpa) hujan lebat dari langit” orang-orang munafik berkata, “Sesungguhnya Allah Mahatinggi dan Suci dari membuat perumpamaan-perumpamaan seperti ini, maka Allah menurunkan, “Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan” hingga firman-Nya, “Mereka itulah orang-orang yang merugi.”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 19

Al-Wahidi mengeluarkan dari jalur Abdul Ghani bin Sa’id Ats-Tsaqafi dari Musa bin Abdurrahman dari Ibnu Juraij dari ‘Atha dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Sesungguhnya Allah menyebutkan sesembahan orang Musyrik,” kemudian berkata dengan firman Allah, “Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka”, dan menyebutkan tipu daya sesembahan mereka dan menjadikannya seperti sarang laba-laba, mereka berkata, “Apa pendapat kalian tentang apa yang akan Allah perbuat dengan pemisalan ketika menyebutkan lalat dan laba-laba di dalam Al-Quran yang diturunkan kepada Muhammad!” maka Allah menurunkan ayat ini—Abdul Ghani sangat lemah.
Abdurrazaq berkata dalam tafsirnya, “Ma’mar memberitahu kami dari Qatadah mengapa Allah Swt. menyebutkan laba-laba dan lalat, orang-orang Musyrik berkata, “Apa gunaya laba-laba dan lalat disebutkan?” maka Allah menurunkan ayat ini.

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Ayat 6 dan 14 Surah Al-Baqarah

Diriwayatkan dari Ibnu Hatim dari Hasan berkata, “Ketika turun ayat, “Hai manusia, telah dibuat perumpamaan maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu,” (Al-Hajj [22]: 73) orang-orang Musyrik berkata, “Apa pentingnya perumpamaan-perumpamaan ini diberikan atau yang menyerupai perumpamaan-perumpamaan ini“ maka Allah menurunkan ayat, “Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan.”

Aku berpendapat, “Perkataan (pendapat) yang pertama yang lebih benar dan kuat sanadnya, juga lebih cocok dengan apa awal surat dan penyebutan orang-orang Musyrik tidak sesuai dengan status yang Madaniyyah. Dan, apa yang kami sebutkan dari Qatadah dan Hasan yang diceritakan oleh Al-Wahidi tanpa sanad dengan lafadz “orang-orang Yahudi berkata” dan ini yang ssangat cocok.[]

 

SUMBER: Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi penerbit Pustaka Al-Kautsar

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response