Asbabul Nuzul

Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 76 dan 79

Foto: Unsplash
49views

Surah Al-Baqarah Ayat 76

 وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّاۚ وَاِذَا خَلَا بَعْضُهُمْ اِلٰى بَعْضٍ قَالُوْٓا اَتُحَدِّثُوْنَهُمْ بِمَا فَتَحَ اللّٰهُ عَلَيْكُمْ لِيُحَاۤجُّوْكُمْ بِهٖ عِنْدَ رَبِّكُمْ ۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ

Artinya: Apabila berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Akan tetapi, apabila kembali kepada sesamanya, mereka bertanya, “Apakah akan kamu ceritakan kepada mereka apa yang telah diterangkan Allah kepadamu sehingga mereka dapat menyanggah kamu di hadapan Tuhanmu? Apakah kamu tidak mengerti?”

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Mujahid berkata, “Nabi Saw. berdiri pada hari Quraizhah di bawah benteng mereka, maka beliau bersabda, ‘Wahai saudara-saudara monyet! Wahai saudara-saudara babi! Wahai penyembah Thagut!’ Kemudian mereka berkata, ‘Siapa yang memberitahu ini kepada Muhammad! Tidakkah hal ini diketahui kecuali dari kalian, ‘Apakah kamu menceritakan kepada mereka (orang-orang Mukmin) apa yang telah diterangkan Allah kepadamu’ agar mereka mempunyai hujjah atas kalian.’” Maka turunkan ayat ini.

Dikeluarkan juga dari Ibnu Jarir dari jalur Ikrimah dari Ibnu Abbas r.a. bahwasanya ia berkata, “Mereka jika bertemu dengan orang-orang yang beriman berkata, ‘Kami beriman bahwa sahabat kalian (Muhammad) adalah utusan Allah’ tetapi hal tersebut hanya mereka katakan khusus kepada kalian, ‘tetapi Ketika mereka berada sesama mereka saja’, mereka berkata, ‘Apakah ia menceritakan ini kepada orang-orang Arab?’ Sesungguhnya kalian telah memohon kemenangan kepada Allah atas orang-orang Mukmin dan adalah Muhammad termasuk salah satu dari mereka. Maka, Allah menurunkan firman-Nya, ‘Apabila berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Akan tetapi, apabila kembali kepada sesamanya, mereka bertanya, “Apakah akan kamu ceritakan kepada mereka apa yang telah diterangkan Allah kepadamu sehingga mereka dapat menyanggah kamu di hadapan Tuhanmu? Apakah kamu tidak mengerti?

Diriwayatkan dari As-Suddi berkata, “Ayat ini turun pada orang-orang Yahudi yang masuk Islam, kemudian di dalam hati mereka terdapat kemunafikan, adalah mereka yang menceritakan kepada orang-orang Mukmin tentang azab yang menimpa mereka, kemudian Sebagian mereka tentang apa yang telah Allah terangkan kepada kalian dari azab, agar mereka berkata, “Kami lebih dicintai oleh Allah daripada kalian dan lebih mulia dari kalian.”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayah 44 dan 62

Surah Al-Baqarah Ayat 79

فَوَيْلٌ لِّلَّذِيْنَ يَكْتُبُوْنَ الْكِتٰبَ بِاَيْدِيْهِمْ ثُمَّ يَقُوْلُوْنَ هٰذَا مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ لِيَشْتَرُوْا بِهٖ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۗفَوَيْلٌ لَّهُمْ مِّمَّا كَتَبَتْ اَيْدِيْهِمْ وَوَيْلٌ لَّهُمْ مِّمَّا يَكْسِبُوْنَ

Artinya: Celakalah orang-orang yang menulis kitab dengan tangan mereka (sendiri), kemudian berkata, “Ini dari Allah,” (dengan maksud) untuk menjualnya dengan harga murah. Maka, celakalah mereka karena tulisan tangan mereka dan celakalah mereka karena apa yang mereka perbuat.

Sebab Turunnya Ayat

Diriwayatkan oleh An-Nasa’i dari Ibnu Abbas r.a. berkata, “Ayat ini turun pada Ahlul Kitab.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari jalur Ikrimah dari Ibnu Abbas r.a. bahwasanya ia berkata, “Ayat ini turun pada rahib-rahib Yahudi yang mereka mengetahui ciri-ciri Nabi Muhammad tertulis dalam Taurat, yaitu pelupuk di sekeliling matanya berwarna hitam, bertubuh sedang, berambut ikal, dan berparas tampan. Mereka menghapusnya karena rasa dengki dan sifat mereka yang selalu melampaui batas, atau mereka berdusta dengan berkata, “Kami menemukan ciri-cirinya sangat tinggi, berkulit biru, dan berambut lurus.”

BACA JUGA: Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah ayat 26

 

Sumber: Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Quran, karya Imam As-Suyuthi, diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response