Tafsir

Tafsir Ayat ke-3 Surah Al-Fatihah

foto: unsplash
69views

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

Artinya: Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, (terjemahan Al-Quran Kemenag)

 

Tafsir Ibnu Katsir

Firman Allah Swt. ar-rahman ar-rahim, keterangannya dikemukakan dalam Bab Basmalah itu sudah cukup dan tidak perlu diulangi lagi. Al-Qurtubi menyatakan, “Sesungguhnya Allah menyifati dirinya dengan ar rahman dan ar rahim sesudah firman-Nya rabbil ‘alamin tiada lain agar makna tarhib yang dikandung rabbul ‘alamina dibarengi dengan makna targhib yang terkandung pada arrahmanirrahim.

Sebagaimana pengertian yang terkandung dalam Surah Al-Hijr (15): 49-50:

 نَبِّئْ عِبَادِيْٓ اَنِّيْٓ اَنَا الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُۙ وَاَنَّ عَذَابِيْ هُوَ الْعَذَابُ الْاَلِيْمُ

Artinya: Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku bahwa sesungguhnya Akulah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, dan bahwa sesungguhnya siksaan-Kulah azab yang sangat pedih.(QS. Al-Hijr [15]: 49-50)

BACA JUGA: Makna Bacaan Basmalah

Juga dalam firman Allah yang lainnya yaitu Surah Al-A’raf (7): 167:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكَ لَيَبْعَثَنَّ عَلَيْهِمْ اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ مَنْ يَّسُوْمُهُمْ سُوْۤءَ الْعَذَابِۗ اِنَّ رَبَّكَ لَسَرِيْعُ الْعِقَابِۖ وَاِنَّهٗ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: (Ingatlah) ketika Tuhanmu memberitahukan bahwa sungguh Dia akan mengirimkan kepada mereka (Bani Israil) orang-orang yang akan menimpakan seburuk-buruk azab kepada mereka sampai hari Kiamat. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat hukuman-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-A’raf [7]: 167)

BACA JUGA: Memaknai Kalimat Alhamdulillahirabbil’alamin

Lafadz rabb dalam ayat tersebut mengandung makna tarhib, sedangkan arrahmanirrahim mengandung makna targhib. Di dalam Kitab Shahih Muslim disebutkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Seandainya orang yang Mukmin mengetahui apa yang ada di sisi Allah berupa siksaan, niscaya tiada seorang pun yang tamak menginginkan surga-Nya. Seandainya orang kafir mengetahui apa yang ada di sisi Allah berupa rahmat, niscaya tiada seorang pun yang berputus asa dari rahmat-Nya.[]

Sumber: Tafsir Ibnu Katsir

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response