Ibrah

Al-Quran Berbicara Tentang Masalah Perang

Foto: Unsplash
40views

Surah Al-Anfal (surah ke-8) turun mengupas seputar topik peperangan ini. Surah Al-Anfal merupakan penjelasan dari Allah tentang peperangan Badar, yang berbeda jauh dengan penjelasan-penjelasan lain yang membicarakan masalah raja dan pemimpin setelah kemenangan.

Pertama, pertama-tama Allah hendak mengalihkan pandangan kaum Muslimin ke akhlak mereka yang dirasa kurang baik atau berlebih-lebihan pada masa lampau agar mereka berusaha menyempurnakannya dan menyucikan diri.

Kedua, kemenangan ini menjadi nyata karena dukungan dan pertolongan gaib dari Allah bagi kaum Muslimin. Allah perlu menyebutkan hal ini agar mereka tidak terkecoh oleh kehebatan dan keberanian diri sendiri sehingga jiwa mereka tidak tenggelam dalam kesombongan. Namun, mereka justru tawakal kepada Allah, taat kepada-Nya, dan kepada Rasul-Nya.

Ketiga, kemudian Allah menjelaskan tujuan yang mulia dari peperangan yang menegangkan dan banyak memakan korban ini, serta menunjukkan beberapa sifat dan akhlak kepada mereka yang harus diperhatikan saat perang dan saat mendapat kemenangan.

BACA JUGA: Kisah Perang Badar

Keempat, kemudian Allah berfirman kepada orang-orang musyrik, munafik, Yahudi, dan para tawanan perang, menyampaikan peringatan yang nyata dan menjelaskan kepada mereka agar menerima kebenaran.

Kelima,  setelah itu Allah berfirman kepada kaum Muslimin tentang masalah harta rampasan dan meletakkan dasar-dasar masalah ini.

Keenam, kemudian Allah menjelaskan dan menetapkan aturan-aturan saat perang dan damai karena dakwah islam saat itu sudah memasuki tahapan ini agar perang yang dilakukan kaum Muslimin berbeda dengan perang yang dilakukan oleh orang-orang jahiliyah. Mereka unggul karena akhlak dan nilai-nilai luhur serta menegaskan kepada dunia bahwa Islam bukan sekadar teori yang mentah tetapi juga Islam membekali para pemeluknya secara praktis berlandaskan kepada dasar-dasar dan prinsip yang diserunya.

Ketujuh, kemudian Allah menetapkan beberapa butir undang-undang Daulah Islam dengan membuat perbedaan antara kaum Muslimin yang menetap di wilayah Islam dan mereka yang menetap di luar wilayah Islam. Pada tahun 2 Hijriyah, turun kewajiban puasa Ramadhan, membayar zakat fitrah, dan penjelasan tentang batasan-batasan zakat yang lain. Kewajiban membayar zakat fitrah dan zakat zakat lainnya dimaksudkan untuk meringankan beban hidup yang dijalani orang-orang Muhajirin dan Anshar yang miskin, yang tidak mempunyai bakat berbisnis.

Ada momen yang paling mengesankan dengan perayaan Idul Fitri pertama yang dijalani kaum Muslimin dalam hidup mereka pada bulan Syawal tahun 2 Hijriyah, setelah mereka memperoleh kemenangan yang gemilang di Perang Badar. Betapa mengesankan hari raya yang penuh kebahagiaan ini setelah Allah menyematkan mahkota kemenangan dan keperkasaan kepada mereka.

BACA JUGA: Perang Badar dan Penjelasannya dalam Al-Quran

Betapa mengagumkan shalat Idul Fitri yang mereka tunaikan pada saat itu, setelah mereka keluar dari rumah dengan menyerukan suara takbir, tahmid, dan tauhid. Hati mereka dipenuhi kecintaan kepada Allah sambil tetap mengharapkan rahmat dan keridhaan-Nya setelah Dia memuliakan mereka dengan nikmat dan menguatkan mereka dengan pertolongannya. Kemudian, Allah mengingatkan mereka tentang semua ini dengan berfirman dalam Surah Al-Anfal (8) ayat 26:

وَاذْكُرُوْٓا اِذْ اَنْتُمْ قَلِيْلٌ مُّسْتَضْعَفُوْنَ فِى الْاَرْضِ تَخَافُوْنَ اَنْ يَّتَخَطَّفَكُمُ النَّاسُ فَاٰوٰىكُمْ وَاَيَّدَكُمْ بِنَصْرِهٖ وَرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Dan ingatlah (wahai kaum Muhajirin) ketika kamu masih berjumlah sedikit lagi tertindas di muka bumi (Makkah), kamu takut bahwa orang-orang (Mekkah) akan menculik kamu, maka Allah memberi kamu tempat menetap (Madinah), dan dijadikan-Nya kamu kuat dengan pertolongan-Nya, dan diberi-Nya kamu rezeki yang baik-baik agar kamu bersyukur.”[]

SUMBER: SIRAH RASULULLAH: Sejarah Hidup Nabi Muhammad, Penulis: Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri, Penerbit: Ummul Qura

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response