Miracle Quran

Mukjizat Surah Al-Baqarah (2) ayat 50 dan 57

foto: Pixabay
74views

Mukjizat Surah Al-Baqarah (2) ayat 50

وَاِذْ فَرَقْنَا بِكُمُ الْبَحْرَ فَاَنْجَيْنٰكُمْ وَاَغْرَقْنَآ اٰلَ فِرْعَوْنَ وَاَنْتُمْ تَنْظُرُوْنَ

(Ingatlah) ketika Kami membelah laut untukmu, lalu Kami menyelamatkanmu dan menenggelamkan (Fir‘aun dan) pengikut-pengikut Fir‘aun, sedangkan kamu menyaksikan(-nya).

Maurice Bucaille, seorang peneliti Prancis mengatakan bahwa mumi Fir’aun, yang dikirim Mesir ke Perancis, mati dalam keadaan tenggelam dan mengandung banyak garam di dalam tubuhnya. Jadi, ia tidak meninggal karena sakit atau terbunuh.

Fakta bahwa Fir’aun ditenggelamkan ditulis Al-Quran pada 1.400 tahun silam. Sang peneliti kemudian mengikrarkan keislamannya. Bagi  Bucaille, tidak mungkin Muhammad ﷺ mengetahui secara detail kejadian ini. Pastilah yang menulis Al-Quran ini adalah yang mengetahui masa silam dengan detail; dan siapa lagi jika bukan Allah.

BACA JUGA: Mukjizat Surah Al-Baqarah (2) ayat 29 dan 31

Mukjizat Surah Al-Baqarah (2) ayat 57

Hal lain terkait cotoh mukjizat Surah Al-Baqarah (2) dapat disimak juga dalam ayat 57. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman:

وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ الْغَمَامَ وَاَنْزَلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوٰى ۗ كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ ۗ وَمَا ظَلَمُوْنَا وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ

Kami menaungi kamu dengan awan dan Kami menurunkan kepadamu manna dan salwa.) Makanlah (makanan) yang baik-baik dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu. Mereka tidak menzalimi Kami, tetapi justru merekalah yang menzalimi diri sendiri.

Disebutkannya secara berurut antara lafal Manna (sejenis madu) dan Salwa (sejenis burung puyuh) dalam ayat ini sesungguhnya memiliki keunikan ilmiah yang sangat luar biasa jika manusia mampu mengungkapkannya. Ketika manusia belum mengerti fungsi gizi bagi tubuh, Allah dengan sangat bijaksana memperkenalkan dua jenis makanan ini yang begitu sangat kaya akan gizi dan manfaat bagi kesehatan manusia. Walaupun Dia tidak secara langsung menyebut kandungan gizi pada dua jenis makanan ini, penyebutannya dalam kitab-Nya sudah merupakan isyarat akan dua jenis makanan yang harus dikonsumsi manusia demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya.

Manna dan Salwa memiliki fungsi yang vital bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam Manna, terdapat karbohidrat nabati yang sangat tinggi, sedangkan di dalam Salwa terdapat protein hewani yang juga sangat berfaedah bagi tubuh manusia. Dua jenis kandungan gizi ini sangat dibutuhkan manusia untuk memproduksi kekuatan dan menambah stamina, di samping juga membentuk otot badan menjadi lebih berisi.

Begitu juga jenis daging dalam Salwa. Daging Salwa adalah jenis daging yang sangat mudah dicerna oleh usus manusia, berbeda dengan jenis daging hewan lainnya yang terkadang sangat tebal dan keras daging burung ini sangatlah lunak dan empuk. Sementara, Manna juga sangat mudah dicerna tubuh manusia karena ia berbentuk cair dan manis. Manusia sangat membutuhkan jenis protein yang terdapat dalam minuman ini.

BACA JUGA: Mukjizat Surah Al-Baqarah (2) ayat 26

Sebagaimana ilmu tafsir menyebutkan bahwa dengan Allah mencantumkan nama dua jenis makanan ini dalam Al-Quran maka itu sebuah pertanda akan urgensi, khasiat, dan keilmiahan keduanya yang tidak tertandingi. ilmu pengetahuan modern lalu membuktikan semua kebenaran Al-Quran ini dengan bahasa zamannya, yaitu bahasa ilmu pengetahuan modern, sehingga Al-Quran selalu sejalan dan senapas dengan ilmu pengetahuan modern sekalipun.[]

 

SUMBER THE GREAT QURAN: Referensi Terlengkap Ilmu-Ilmu Al-Quran, karya Tim Penyusun Maghfirah Pustaka, Penerbitan Maghfirah Pustaka

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response