Kisah Al-Quran

Kisah Kaum ‘Ad, Kaum Sombong yang Diterbangkan Angin

49views

Kaum ‘Ad diberi tubuh yang kuat, tetapi mereka sombong dan angkuh. Allah berfirman dalam Quran Surah Fushshilat (41) ayat 15:

فَاَمَّا عَادٌ فَاسْتَكْبَرُوْا فِى الْاَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَقَالُوْا مَنْ اَشَدُّ مِنَّا قُوَّةً ۗ

Adapun (kaum) ‘Ad, mereka menyombongkan diri di bumi tanpa alasan yang benar. Mereka berkata, “Siapakah yang lebih hebat kekuatannya daripada kami?”

Sebagian riwayat ahli tafsir yang menunjukkan kekuatan fisik kaum ‘Ad. Jika seseorang dari mereka marah kepada suatu kampung, dia sanggup menghancurkan kampung itu dengan sekali lemparan batu besar sehingga seluruh penduduk kampung itu pun mati.

Allah berfirman dalam Surah Fushshilat (41) ayat 15:

اَوَلَمْ يَرَوْا اَنَّ اللّٰهَ الَّذِيْ خَلَقَهُمْ هُوَ اَشَدُّ مِنْهُمْ قُوَّةً ۗ وَكَانُوْا بِاٰيٰتِنَا يَجْحَدُوْنَ

,,, Tidakkah mereka memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan mereka itu lebih hebat kekuatan-Nya daripada mereka? Mereka telah mengingkari tanda-tanda (kebesaran) Kami.

BACA JUGA: Kisah Nabi Sulaiman dan Bilqis

Allah pun mengirim angin yang datang dari kejauhan seperti awan gelap. Orang-orang ‘Ad pun berpikir hal itu merupakan hujan biasa. Allah berfirman dalam Quran Surah Al-Ahqaf (46) ayat 24-25.

فَلَمَّا رَاَوْهُ عَارِضًا مُّسْتَقْبِلَ اَوْدِيَتِهِمْ قَالُوْا هٰذَا عَارِضٌ مُّمْطِرُنَا ۗبَلْ هُوَ مَا اسْتَعْجَلْتُمْ بِهٖ ۗرِيْحٌ فِيْهَا عَذَابٌ اَلِيْمٌۙ

Maka, ketika melihat azab itu berupa awan yang menuju ke lembah-lembah mereka, mereka berkata, “Inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kita.” (Bukan,) tetapi itu azab yang kamu minta agar disegerakan kedatangannya, (yaitu) angin yang mengandung azab yang sangat pedih. (24)

تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍۢ بِاَمْرِ رَبِّهَا فَاَصْبَحُوْا لَا يُرٰىٓ اِلَّا مَسٰكِنُهُمْۗ كَذٰلِكَ نَجْزِى الْقَوْمَ الْمُجْرِمِيْنَ

(Azab itu) menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya sehingga mereka (kaum ‘Ad) menjadi tidak terlihat lagi, kecuali hanya (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. Demikianlah Kami memberi balasan kepada kaum yang durhaka. (25)

 

Dalam ayat yang lain, Allah berfirman dalam Surah Al-Haqqah (69) ayat 6-7:

وَاَمَّا عَادٌ فَاُهْلِكُوْا بِرِيْحٍ صَرْصَرٍ عَاتِيَةٍۙ

sedangkan (kaum) ‘Ad telah dibinasakan dengan angin topan yang sangat dingin. (6)

سَخَّرَهَا عَلَيْهِمْ سَبْعَ لَيَالٍ وَّثَمٰنِيَةَ اَيَّامٍۙ حُسُوْمًا فَتَرَى الْقَوْمَ فِيْهَا صَرْعٰىۙ كَاَنَّهُمْ اَعْجَازُ نَخْلٍ خَاوِيَةٍۚ

Dia menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam delapan hari terus-menerus. M1aka, kamu melihat kaum (‘Ad) pada waktu itu mati bergelimpangan seperti batang-batang pohon kurma yang telah (lapuk) bagian dalamnya. (7)

Orang-orang ‘Ad memiliki badan yang besar dan kuat. Akan tetapi, mereka malah makin sombong dan merasa paling kuat. Akhirnya, Allah pun mengirimkan angin untuk menghancurkan mereka. Padahal, mereka telah berlindung di gunung atau bersembunyi dalam gua. Lalu, mereka pun diterbangkan di udara. Meskipun tubuh mereka sangat besar dan kuat, mereka diterbangkan dan dipermainkan angin yang sangat dingin dan bersuara keras selama 8 hari. Kemudian, angin pun menjatuhkan mereka ke daratan dengan kepala terlebih dahulu yang jatuh sehingga hancurlah kepala mereka. Allah menyamakan mereka seperti batang kurma yang telah kosong atau tanpa kepala.

Allah berfirman dalam Quran Surah Al-Qamar (54) ayat 20:

كَاَنَّهُمْ اَعْجَازُ نَخْلٍ مُّنْقَعِرٍ

… mereka seperti batang pohon kurma yang terlubangi.

BACA JUGA: Kisah Qarun, Orang Kaya yang Teramat Sombong

Firman Allah mungqair atau “yang terlubangi” menunjukkan bahwa angin menghantam orang-orang. Lalu, perut mereka terbelah dan berterbanganlah usus dan jantung mereka keluar. Mereka pun menjadi mayat-mayat yang kosong isinya. Kaum yang sangat sombong karena kekuatan tubuh mereka ternyata dibinasakan oleh Allah hanya dengan angin.[]

 

Sumber: Tafsir Juz Amma, karya Firanda Andirja

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response