Miracle Quran

Rambut Memutih Akibat Syok

Foto: Pixabay
50views

Selama ini, kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa uban yang ada di kepala muncul karena faktor usia yang mulai menua. Faktanya hal tersebut salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada faktor lain yang menyebabkan perubahan warna rambut yang dapat terjadi pada usia berapa pun.

Rambut Memutih Akibat Syok

Secara teori, setiap guncangan hebat yang tiba-tiba, kecelakaan, penyakit, atau perubahan metabolisme dapat membuat rambut berubah warna, tetapi tidak akan langsung terlihat.

BACA JUGA: Klorofil dan Fotosintesis dalam Al-Quran

Menurut Dr John O’Connor, Kepala School of Physical Science and Mathematics di University of Newcastle di Australia, “Setelah rambut Anda tumbuh dari folikelnya, trauma emosional atau fisik apa pun tidak akan memengaruhinya. Rambut ini pada dasarnya mati, seperti kukumu. Namun, efek buruk yang parah dapat menyebabkan rambut baru yang tumbuh beberapa minggu kemudian menjadi putih.”

Dengan kata lain, hasil penelitian tersebut ingin menyatakan bahwa syok adalah salah satu faktor yang bisa mengubah warna rambut menjadi putih. Fakta tersebut baru ditemukan dewasa ini. Padahal, 1.400 tahun yang silam, hal ini telah disinggung dalam Al-Quran. Dalam Surah Al-Muzzammil (73) ayat 17, Allah Swt.  berfirman:

فَكَيْفَ تَتَّقُوْنَ اِنْ كَفَرْتُمْ يَوْمًا يَّجْعَلُ الْوِلْدَانَ شِيْبًاۖ

Artinya: Lalu, bagaimanakah kamu akan dapat menjaga dirimu (dari azab) hari yang menjadikan anak-anak beruban jika kamu tetap kufur?

BACA JUGA: Keajaiban Al-Qur’an tentang Air Susu Ibu

Dari ayat tersebut terbaca dengan jelas bahwa akan ada satu hari yang menyebabkan rambut anak-anak memutih. Dengan demikian,  bukan usia tua yang menyebabkan rambut memutih, melainkan Hari Kiamat. Maka, terbukti bahwa syok dapat memutihkan rambut, bahkan untuk anak-anak sekali pun. Wallahu a’lam. []

SUMBER: MIRACLEOFQURAN.COM

 

 

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response