Ibrah

Perintah untuk Taat Kepada Allah dan Taat Kepada Rasul

Foto: Unsplash
36views

Allah berfirman dalam Surah Al-Ma’idah (5) ayat 92:

وَاَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاحْذَرُوْا ۚفَاِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا عَلٰى رَسُوْلِنَا الْبَلٰغُ الْمُبِيْنُ

“Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul serta berhati-hatilah. Jika kamu berpaling maka ketahuilah bahwa kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat) dengan jelas.”

Ayat ini masih berkaitan dengan ayat sebelumnya. Ketika Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk berhenti dari perbuatan minum khamar dengan berfirman, “Tidakkah kalian mau berhenti?” maka kelanjutannya pada ayat ini Allah mengingatkan agar mereka taat kepada Allah dan Rasulullah ﷺ.

BACA JUGA: Penjelasan tentang Perbuatan yang Tergolong Perbuatan Setan

Pengharaman khamar tidak langsung sekaligus, melainkan bertahap.

Pada tahap yang pertama disebutkan mulai dari keburukan khamar itu sendiri, bahwa dosanya lebih besar daripada manfaatnya. Setelah itu, khamar dilarang untuk diminum menjelang waktu shalat. Pada tahap terakhir, Allah mengharamkan khamar secara mutlak, sebagaimana dijelaskan di dalam Surah Al-Ma’idah (5) ayat 91.

Firman Allah,

وَاَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاحْذَرُوْا ۚ

Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul serta berhati-hatilah.

Pada ayat ini, orang-orang beriman diingatkan agar senantiasa taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Selain itu, mereka juga hendaknya waspada terhadap keburukan yang akan menimpa. Namun, Allah tidak menyebutkan tentang apa yang perlu diwaspadai oleh orang-orang beriman. Tentu ini lebih mengerikan dibandingkan Allah menyebutkan tentang apa yang patut diwaspadai.

Siapa yang menyelisihi perintah Allah dan Rasul-Nya maka hendaklah dia وَاحْذَرُوْا “berhati-hatilah” atau “waspadalah”. Waspada dari apa? Allah yang lebih mengetahui. Yang jelas, akan ada keburukan yang menimpanya, baik di dunia dan terlebih lagi di akhirat.

BACA JUGA: Penjelasan tentang Allah Memerintah, Menegur, dan Menjaga Nabi

Setelah itu, Allah mengingatkan lagi dengan firman-Nya,

فَاِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا عَلٰى رَسُوْلِنَا الْبَلٰغُ الْمُبِيْنُ

“Jika kamu berpaling maka ketahuilah bahwa kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat) dengan jelas.”

Allah mengingatkan bahwa siapa yang berpaling dari ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya, tidak mau meninggalkan khamar, maka hendaknya dia tahu bahwa tugas seorang Rasul hanyalah menyampaikan dakwah yang jelas. Urusan selanjutnya adalah kepada Rabb yang telah mengutus beliau.

Di antara kemuliaan Rasulullah ﷺ adalah karena kemuliaan Allah yang mengutusnya. Seperti halnya jika kita didatangi oleh seseorang yang merupakan utusan dari seorang yang mulia, maka tentu tidak sama dengan seseorang yang diutus dari orang biasa. Tentu kita pun akan menyikapinya dengan berbeda. Untuk utusan orang mulia, maka kita akan lebih memuliakannya dibandingkan utusan orang biasa. Maka, bagaimana lagi jika yang mengutus adalah Rabb semesta alam?

Siapa yang berpaling dari utusan tersebut dan tidak menaati perintahnya maka tugas utusan Allah itu hanyalah sebagai penyampai saja, dan urusannya kembali kepada Allah yang telah mengutusnya. Ini mengandung ancaman yang berat dari Allah.

Di antara faedah dari ayat ini adalah Allah mengulang perintah-Nya, sebagaimana disebutkan pula dalam banyak ayat. Allah berfirman,

وَاَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ

“Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul.”

Allah mengulang perintah taat dua kali. Pertama perintah taat kepada-Nya dan diulang penyebutan perintah taat kepada Rasul-Nya. Kita tahu bahwa menaati utusan-Nya itu berarti menaati Allah yang mengutusnya. Namun, pengulangan ini memberikan faedah penegasan agar manusia tahu bahwa jika Rasulullah ﷺ memerintahkan sesuatu maka harus ditaati, meskipun perintah beliau itu tidak terdapat dalam Al-Quran.

BACA JUGA: Perintah-Perintah Allah kepada Nabi Muhammad

Jangan sampai ada seseorang yang nekat berkata, “Apa yang Rasulullah ﷺ perintahkan dan tidak ada dalam Al-Quran maka tidak wajib ditaati.” Itu jelas kesalahan fatal. Rasulullah ﷺ wajib ditaati secara tersendiri dan menaati beliau berarti menaati Allah. Allah berfirman dalam Surah An-Nisa’ (4) ayat 80:

مَنْ يُّطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَاعَ اللّٰهَ ۚ

“Siapa manaati Rasul (Muhammad) maka sesungguhnya dia telah menaati Allah….”

Dengan demikian, meskipun perintah Nabi ﷺ tidak terdapat di dalam Al-Quran maka itu adalah perintah tersendiri yang tetap wajib ditaati, apalagi jika ternyata juga terdapat dalam Al-Quran. Hal ini karena Nabi ﷺ berbicara dan memerintahkan berdasarkan wahyu, dan bukan atas dasar hawa nafsu. Tentang hal ini, Allah berfirman dalam Surah An-Najm (53) ayat 3-4:

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوٰى(3) اِنْ هُوَ اِلَّا وَحْيٌ يُّوْحٰىۙ (4)

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya, ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).”[]

SUMBER: TAFSIR AT-TAYSIR SURAH AL-MA’IDAH, Penulis: Ust. Firanda Andirja, Penerbit: Ustadz Firanda Andirja Office.

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response