Ibrah

Ibadah Para Ulama (Habis)

Foto: Pixabay
26views

Ibadah Abu Ishaq Asy-Syairazi—ulama Syafiiyah—

Abu Bakar bin Khadhibah mengatakan, “Saya mendengar dari sebagian murid Abu Ishaq di Baghdad bercerita tentang gurunya, ‘Syaikh (Abu Ishaq) melakukan shalat 2 rakaat setiap selesai menulis tiap bab dalam kitab Al-Muhadzab.’” (Thabaqat Asy-Syafiiyat Al-Kubra, As-Subki, 4/217)

Kitab Al-Muhadzab termasuk rujukan utama dalam madzhab Syafiiyah. Kitab ini diberi penjelasan (Syarah) oleh An-Nawawi hingga menjadi buku setebal sembilan jilid. Beliau meninggal sebelum sempat menyelesaikannya dan penjelasan terakhir sampai bab riba. Kemudian, dilanjut oleh As-Subki sebanyak dua jilid, kemudian wafat. Lalu, dilanjutkan oleh Al-Muthi’i sampai selesai. Mereka tidak pernah saling berwasiat, tetapi para ulama menyambung perjuangan saudaranya agar amal itu menjadi sempurna. Semoga Allah merahmati mereka semua.

Buku itu berjudul Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzab. Salah satu referensi terpenting dan terlengkap dalam madzhab Syafiiyah.

BACA JUGA: Ibadahnya Para Ulama (Bagian Kesatu)

Bisyr bin Mansyur—wirid 1/3 Al-Quran—

Ibnu Mahdi bercerita,”Saya tidak melihat seseorang yang paling takut kepada Allah selain Basyar bin Mansyur. Beliau shalat dalam sehari 500 rakaat, wiridannya adalah 1/3 Al-Quran” (Tahdzib At-Tahdzib, Al-Hafidz Ibnu Hajar, 1/403)

Bisyr bin Mansyur seorang ahli hadis yang dikenal sangat wara’. Beliau adalah kawan sekaligus guru seorang ulama besar, Fudhail bin Iyadh.

Ibadah Ibnu Qudamah—semangat mengamalkan dalil—

Al-Hafidz Dhiya’uddin Al-Maqdisi menceritakan tentang Ibnu Qudamah, “Ibnu Qudamah tidak mendengar tentang shalat kecuali ia lakukan. Ia tidak mendengar satu  hadis kecuali ia amalkan. Ia shalat bersama dengan orang lain di malam Nishfu Sya’ban 100 rakaat, padahal ia sudah tua” (Dzail Thabaqat Al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali, 1/203)

BACA JUGA: Meneladani Kisah Imam Syafi’i yang Mengkhatamkan Al-Quran Setiap Hari

Al-Qadhi Abu Yusuf—murid senior Abu Hanifah—

Ibnu Sama’ah bercerita, “Setelah beliau pensiun sebagai qadhi (hakim), beliau terbiasa shalat dalam sehari 200 rakaat. (Tadzkirah al-Huffadz, Al-Hafidz Adz-Dzahabi, 1/214). []

SUMBER: PUSATSTUDIISLAM

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response