Ibrah

Lima Wasiat Nabi Yahya a.s.

foto: unsplash
60views

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kisah orang-orang beriman pada masa silam. Salah satunya yakni kisah dari Nabi Yahya. Saat itu di zamannya, Nabi Yahya pernah menyampaikan lima wasiat kepada Bani Israil. Wasiat tersebut merupakan perintah Allah. Adapun lima wasiatf tersebut adalah:

1Jangan mempersekutukan Allah

Hal ini diumpamakan sebagai seseorang yang telah membeli budak dan memberi kepadanya tempat tinggal. Namun, budak itu justru bekerja untuk orang lain. Bukankah pantas orang itu tidak ridha kepada si budak?

2Bila shalat jangan menoleh

Karena Allah senantiasa menghadapkan wajahNya kepada hamba selama ia tidak menengok.

BACA JUGA: Nabi Yahya Diangkat Nabi Sejak Masih Kecil

3Hendaklah berpuasa

Perumpamaannya seperti orang yang berada dalam kumpulan manusia dan membawa kantung minyak kesturi, semua orang ingin mendapatkan wanginya. Dan bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi dari minyak kesturi.

4Hendaklah bersedekah

Hal itu dimisalkan sebagai seseorang yang sedang menebus kebebasan dirinya dari musuh yang hendak membunuhnya.

5Banyak berdzikir

Perumpamaannya seperti orang yang dikejar musuh lalu ia berlindung di sebuah benteng. Dan kita tidak akan selamat dari setan kecuali dengan berdzikir. (HR At Tirmidzi, beliau berkata, “Hasan shahih.” Dan dishahihkan oleh Syaikh Al Baani dalam Shahih Targhib No. 1498).

BACA JUGA: Yang Dilakukan Nabi Zakaria Ketika Berdoa

Penulis yang juga ulama besar Ibnul Qayyim mengomentari kelima wasiat tersebut. Menurut dia, hadits tersebut mengandung hikmah yang luar biasa besar. Sudah seharusnya, setiap Muslim menghafalkannya dan merenungi baik-baik serta gemar mengamalkannya. []

SUMBER: ISLAMPOS.COM

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response