Kisah Al-Quran

Nabi Yahya Diangkat Nabi Sejak Masih Kecil

foto: unsplash
97views

Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam Surah Maryam (19) ayat 12:

يٰيَحْيٰى خُذِ الْكِتٰبَ بِقُوَّةٍ ۗوَاٰتَيْنٰهُ الْحُكْمَ صَبِيًّاۙ

Hai Yahya, ambillah Al-Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Dan Kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak.

Ayat tersebut menceritakan bahwa, semenjak kecilnya, Allah telah mengangkat Nabi Yahya sebagai nabi dengan memerintahkannya untuk mengambil al-kitab.

Ada dua pendapat di kalangan para ulama terkait apa yang dimaksud dengan al-kitab. Pertama, Taurat karena Nabi Yahya hanya melanjutkan risalah Nabi Musa a.s. Kedua, kitab khusus yang diberikan kepada Nabi Yahya a.s.

Pendapat yang masyhur di kalangan ulama adalah pendapat pertama, bahwa yang dimaksud dengan al-kitab adalah Taurat. Adapun Injil, maka ia saat itu belum ada karena Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s., sedangkan Nabi Yahya lahir lebih dulu daripada Nabi Isa.

BACA JUGA: Kisah Doa Nabi Zakaria yang Dikabulkan Ketika Shalat

Yang dimaksud dengan mengambil al-kitab dalam ayat tersebut adalah mempelajarinya, memahaminya, serta menjalankan ajaran-ajaran di dalamnya dengan baik dan sungguh-sungguh.

Adapun kata al-hukm pada وَاٰتَيْنٰهُ الْحُكْمَ صَبِيًّاۙ (Dan Kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak), ada dua pendapat para ahli tafsir terkait kata tersebut, yaitu:

Pertama, pemahaman terhadap Taurat.

Kedua, nubuwwah (kenabian).

Kata al-hukm dalam Al-Quran terkadang datang dengan makna kenabian, seperti firman Allah dalam Quran Surah Yusuf (12) ayat 22:

وَلَمَّا بَلَغَ اَشُدَّهٗٓ اٰتَيْنٰهُ حُكْمًا وَّعِلْمًا ۗوَكَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ

Dan tatkala dia cukup dewasa, Kami berikan kepadanya kenabian dan ilmu. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

BACA JUGA: Kisah Nabi Musa Memohon Ditemani Harun

Dan pendapat kedua inilah, yakni bahwa yang dimaksud adalah bahwa Nabi Yahya telah diangkat menjadi nabi semenjak masa kecilnya, adalah pendapat kebanyakan para ulama.[]

 

SUMBER: TAFSIR AT-TAYSIR

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response