Ibrah

Kisah Sahabat terhadap Ayat Al-Quran (3)

Foto: Unsplash
37views

Kisah Abu Dahdah Infakkan Semua Harta Setelah Turun Ayat Bersedekah

Abdullah bin Mas’ud berkisah bahwa Allah menurunkan firman-Nya Surah Al-Baqarah (2): 245:

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Siapakah yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah? Dia akan melipatgandakan (pembayaran atas pinjaman itu) baginya berkali-kali lipat. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki). Kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

Tak lama setelah ayat tersebut turun, Abu Dahdah mendatangi Nabi Muhammad ﷺ sambil bertanya, “Wahai Rasul, apakah Allah menyuruh kita memberi pinjaman?” “Benar wahai Abu Dahdah.” “Wahai Rasul, perlihatkanlah tanganmu kepadaku,” pinta Abu Dahdah tiba-tiba.

Nabi Muhammad pun menyerahkan tangannya kepada Abu Dahdah.

“Saksikanlah bahwa aku beri pinjaman kepada Tuhanku berupa rumah, tanah, dan kebun di sekeliling tembokku,” ucap Abu Dahdah selanjutnya.

BACA JUGA: Kisah Sahabat terhadap Ayat Al-Quran (2)

Untuk diketahui, dalam tembok itu terdapat 600 pohon kurma. Bahkan, istri dan anak-anaknya pun masih berada dalam rumah di balik tembok itu.

Abu Dahdah kemudian segera memanggil istrinya. “Wahai istriku, Ummu Dahdah.” Istrinya menjawab, “Labbaik.”

Abu Dahdah pun menceritakan apa yang terjadi sambil berkata, “Mari kita keluar dari area ini karena aku telah meminjamkan semuanya kepada Tuhanku.” Ummu Dahdah patuh kepada suaminya. Ia pun langsung menuju anak-anaknya dan mengeluarkan makanan yang ada di mulut mereka dan mengeluarkan apa saja yang ada di saku mereka. Mereka semua segera pergi meninggalkan rumah tersebut.

Nabi Muhammad berujar, “Betapa banyak pohon rindang dengan buah yang berlimpah-limpah akan didapatkan oleh Abu Dahdah di surga nanti.”

BACA JUGA: Kisah Sahabat terhadap Ayat Al-Quran (1)

Demikianlah kisah Abu Dahdah yang seketika langsung menginfakkan semua hartanya setelah turun ayat tentang bersedekah. Tidak tanggung-tanggung, dia infakkan semua yang dia miliki sehingga kemudian Rasulullah mengatakan bahwa kelak dia akan mendapatkan pohon rindang dengan buah yang berlimpah-limpah di surga.[]

SUMBER: HR. AHMAD DAN ATH-THABARANI

Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp Group : https://chat.whatsapp.com/G5ssUWfsWPCKrqu4CbNfKE
Instagram: https://instagram.com/pusatstudiquran?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
Facebook Fanspage : https://www.facebook.com/profile.php?id=61550224142533&mibextid=ZbWKwL

Leave a Response